Salin Artikel

76 Rumah di Dukuh Limbangan Brebes Rusak akibat Tanah Bergerak

BREBES, KOMPAS.com - Sedikitnya 76 rumah warga dilaporkan rusak akibat bencana tanah bergerak di Dukuh Limbangan, Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (3/3/2024).

"Saat ini ada 76 rumah rusak. 35 di antaranya mengalami kerusakan berat dan nyaris ambruk," kata Camat Sirampog Rade Andiana Younansyah saat dikonfirmasi wartawan, Senin (4/2/2024).

Rade mengatakan, potensi tanah bergerak menyebabkan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan bisa saja bertambah.

Bencana tanah bergerak ini, kata Rade, karena setiap hari wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras. Kondisi itu diperparah dengan kontruksi tanah labil.

Akibatnya, banyak warga yang sudah pergi mengungsi ke tempat aman.

"Baik di rumah saudara, maupun di Balai Latihan Kerja (BLK) Ponpes di Desa Sridadi, dan di gudang material milik warga," ungkap Rade.

Pihak pemerintah juga sudah menyiapkan dapur umum yang diperuntukkan bagi warga terdampak tanah bergerak yang saat ini tinggal di pengungsian.

Dalam waktu dekat, rencananya warga akan direlokasi ke dukuh sebelah yang masih dalam satu desa untuk mencegah risiko akibat tanah bergerak.

"Ke depan rencana mereka para korban tanah bergerak akan direlokasi dari Dukuh Limbangan ke Dukuh Legok yang masih satu desa di Desa Sridadi," pungkas Rade.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/04/142028578/76-rumah-di-dukuh-limbangan-brebes-rusak-akibat-tanah-bergerak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke