Salin Artikel

Mengenang Jejak NH Dini Lewat "Dini, Kita, dan Nanti"

Karya-karya NH Dini membawa berbagai jenis cerita. Mulai dari cinta, kebebasan, kritik sosial, dan kehidupan perempuan yang mewarnai wajah sastra di Indonesia.

Sayangnya, nama NH Dini masih terdengar asing bagi sebagian warga Semarang, khususnya anak-anak muda.

Manajer Collabox Creative Hub, Gemma Tedjokusumo, ingin mengenalkan sosok NH Dini dalam rangkaian pagelaran 'Dini, Kita, dan Nanti'.

Dirinya menyebut, pagelaran 'Dini, Kita dan Nanti' memiliki beragam rangkaian. Salah satunya, pameran seni yang memajang karya-karya NH Dini.

Tentunya, hal ini bertujuan untuk mengenalkan kembali sosok NH dini kepada masyarakat Semarang, terlebih anak muda.

"Generasi saya banyak tidak tahu NH Dini itu siapa. Setelah kita pelajari, ternyata keren banget. Perempuan asli Semarang yang terkenal di luar negeri, tapi tidak banyak dikenal di sini. Jadi kita ingin mengenalkan NH Dini ke anak-anak zaman sekarang," ucap Gemma kepada KOMPAS.com, Jumat (1/3/2024).

Belasan arsip dan tulisan NH Dini tampak menggantung di Collabox Creative Hub yang terletak di Jalan Indrapasta, Pendrikan Kidul, Kota Semarang. Dis  ampingnya, diputar pula film dokumenter tentang NH Dini yang diceritakan oleh sahabat dan orang-orang terdekatnya.

Selain arsip atau draf tulisan, ada pula cuplikan foto masa lalu, potongan koran tentang NH Dini, lukisan, dan juga rajutan kain hasil tangan NH Dini.

Bagi Gemma, NH Dini merupakan sosok perempuan yang memiliki banyak kelebihan. Selain mempunyai keberanian tinggi, NH Dini dipandang sebagai perempuan pembawa perubahan.

"Orang yang berani melawan arus, berani mrnjadi individual yang unik dan melakukan perubahan yang drastis. Misal topik gender equality yang dulunya tidak banyak dibahas," ucap Gemma.

Dengan demikian, Gemma berharap, anak-anak muda zaman sekarang bisa meneladani sosok NH Dini dalam kehidupan sehari-hari.

"Itu menunjukkan, bahwa untuk menjadi keren seperti NH Dini, kita harus box bracking. Artinya lebih percaya dan berani meraih mimpi. Dan kalaupun sudah melalang buana ke negara-negara, jangan lah lupa dengan Semarang," pungkas Gemma.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Joshua, mengaku, baru mendengar nama NH Dini beberapa waktu belakangan. Dirinya menyebut, novelis NH Dini memang satu tokoh asal Semarang yang patut diteladani oleh anak-anak muda sepertinya.

"Ternyata banyak banget karya-karyanya. Salah satu alasan untuk bangga jadi orang Indonesia, apalagi orang Semarang. Sangat menginspirasi," ucap Joshua.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/01/231236978/mengenang-jejak-nh-dini-lewat-dini-kita-dan-nanti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke