Salin Artikel

Korban Pencabulan Guru Pesantren di Mamuju Bertambah Jadi 8 Santriwati

Kasi Humas Polresta Mamuju, Ipda Herman Basir mengatakan, ada tiga korban baru yang terungkap setelah polisi melakukan pemeriksaan mendalam terhadap saksi-saksi.

Ketiga korban tersebut juga merupakan santriwati yang belajar di pesantren yang dipimpin oleh J. Tiga korban baru tersebut masih berusia di bawah umur.

"Iya masih di bawah umur," kata Herman saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (1/3/2024).

Herman menuturkan bahwa saat ini polisi masih melakukan penyidikan terhadap aksi yang dilakukan oleh J. Dari delapan santriwati yang menjadi korban dari J, tiga di antaranya diduga mengalami pelecehan fisik.

J sendiri disangkakan Pasal 82 ayat 1 juncto Pasal 76E Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang tindak pidana pencabulan anak di bawah umur dan perlindungan anak.

Selain memeriksa tersangka, Herman juga menuturukan bahwa pihak masih terus melakukan pemeriksaan saksi-saksi yang lain.

"Masih akan dilakukan pendalaman," ungkap Herman.

Sebelumnya diberitakan, seorang guru di pondok pesantren di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, berinisial J dilaporkan ke polisi karena diduga melecehkan lima santriwatinya.

"Baru terungkap ini. Seandainya santriwati tidak melarikan diri dari pondok mungkin ini kejadiannya kita orangtua korban belum tahu," kata Arham kepada wartawan di Mapolresta Mamuju, Minggu (11/2/2024).

J sendiri ditetapkan sebagai tersangka pasca ditangkap di sebuah rumah di Mamuju, Minggu (11/2/2024). Kasat Reskrim Polresta Mamuju Kompol Jamaluddin mengatakan, kepada polisi J mengakui telah mencabuli lima santriwati yang masih berusia 14-18 tahun.

Jamaluddin berkata, pelaku melakukan aksinya pada murid yang masih duduk di kelas 2 SMP hingga SMA itu. Aksi ini dilakukan J usai jam pelajaran sekolah selesai.

Dalam aksinya, J memanggil korban ke ruangannya. Di sanalah dia melakukan aksi cabulnya.

"Dilakukan pada saat selesai kegiatan belajar, dipanggil kemudian dilakukan perbuatan cabul. Kejadiannya berulang dan bergantian terhadap korban," ucap Jamal.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/01/154552778/korban-pencabulan-guru-pesantren-di-mamuju-bertambah-jadi-8-santriwati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke