Salin Artikel

KPU Pemalang Digeruduk Simpatisan PKB, Protes Hasil Suara PPP Unggul di Sistem Sirekap

PEMALANG, KOMPAS.com - Ratusan simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggeruduk kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang, Jawa Tengah, Senin (26/2/2024) malam.

Massa PKB memprotes hasil Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) milik KPU yang menampilkan hasil suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada posisi teratas.

Ketua KPU Agus Setiyanto membenarkan aksi protes tersebut dilakukan oleh simpatisan PKB lantaran hasil pada aplikasi Sirekap KPU suara PPP lebih tinggi dari partai lainnya, termasuk PKB.

"Ya tadi lebih dari 100 orang kayaknya ya, mereka (simpatisan PKB) menolak hasil rekapitulasi Sirekap dan meminta hasil tersebut dihentikan dengan alasan bikin gaduh," kata Agus.

Meski begitu, kata Agus, dirinya sudah menjelaskan jika sistem Sirekap dikendalikan langsung oleh sistem yang tersentralisasi oleh KPU pusat, sehingga jika ada pihak yang keberatan maka KPU Pemalang akan melakukan upaya berkirim surat kepada KPU pusat.

Menurutnya, tampilan hasil suara Sirekap yaitu dari hasil form C Plano yang di foto dan diupload oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dibaca melalui sistem otomatis.

"Jika hasil foto atau tulisan pada Plano yang diupload KPPS tidak jelas, bisa saja hasilnya akan berbeda. Sebab yang membaca Plano pada aplikasi Sirekap adalah sistem bukan manual," tegas Agus.

"Nah KPU itu memiliki terobosan tekhnologi dengan apliaksi Sirekap, masyarakat bisa melihat hasil sementara, tetapi hasil yang sesungguhnya nanti pada rekapitulasi berjenjang pada tingkat kecamatan dan KPU kabupaten," pungkasnya.

Dari grafik sistem Sirekap KPU terlihat progres mencapai 42, 33% dengan suara PPP pada posisi teratas atau 7.550 jumlah suara sah Partai dan calon mengungguli suara PKB sebanyak 5.296 dan disusul oleh PDI Perjuangan 3.779 suara dan Partai Golkar 3.053 suara partai dan calon.

PKB sendiri mengklaim, melalui data rekapan internal partai dan rekapan sementara tingkat kecamatan suara PKB paling unggul.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Pemalang, Iskandar Ali Syahbana hingga kini belum bisa dikonfirmasi terkait simpatisan PKB mendatangi KPU Pemalang.

Ratusan PKB pun memilih membubarkan diri setelah mendapatkan penjelasan dari pihak KPU tanpa ada keributan.

Aksi tersebut juga mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian Polres Pemalang.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/27/052940278/kpu-pemalang-digeruduk-simpatisan-pkb-protes-hasil-suara-ppp-unggul-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke