Salin Artikel

Jalan Negara di Sumbawa Tertimbun Longsor, Akses Sempat Putus

Situasi ini menyulitkan akses bagi pengguna jalan dan memerlukan penanganan segera untuk memastikan keamanan dan kelayakan jalan.

Hanya pengguna roda dua yang bisa melintas namun kendaraan harus didorong.

Timbunan lumpur dan batu tersebut disebabkan hujan deras. Tanah dan batu terbawa oleh air.

Keadaan bukit yang sudah gundul di sekitar area tersebut membuat material lumpur dan batu tidak memiliki penahan sehingga mengalir dan menutupi ruas jalan.

Demikian disampaikan, Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Provinsi (BPJP) Pulau Sumbawa, Mustafa Barak.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan pemerintah desa setempat, khususnya desa Batu Bangka dan Dusun Prajak, untuk menangani masalah ini.

"Koordinasi sudah kami lakukan dengan kepala desa, jajaran pemerintahan desa, tim UPTD Balai Pemeliharaan Jalan Dinas PUPR Provinsi NTB, serta tim PUPR dari pemerintah Kabupaten Sumbawa," katanya saat dikonfirmasi Senin.

Disebutkan, sedimentasi terjadi sepanjang 300 meter. Banyaknya timbunan membuat jalan ini tidak bisa diakses terutama dengan kendaraan roda empat.

"Kejadiannya terjadi sudah beberapa hari ini sejak intensitas hujan tinggi. Setiap kali hujan deras pasti longsor. Kami tetap siaga,” sebutnya.

Langkah-langkah penanganan yang dilakukan akan melibatkan upaya membersihkan material lumpur dan batu, serta melakukan pembenahan yang diperlukan untuk memastikan akses jalan kembali normal dan aman bagi pengguna.

Hal ini penting untuk memastikan mobilitas masyarakat tidak terganggu dan untuk mencegah terjadinya insiden lebih lanjut pada masa mendatang.

"Operasi evakuasi yang tengah berlangsung melibatkan satu unit Becko Loader, tiga unit dump truck, dan dua unit pikap yang dikerahkan oleh PUPR Kabupaten Sumbawa. Bahkan alat berat tetap stand by," kata Mustafa Barak.

Selain itu, partisipasi masyarakat setempat yang dikoordinir oleh kepala desa Batu Bangka turut membantu kelancaran proses evakuasi.

Penanganan darurat ini diharapkan dapat selesai dalam waktu yang secepat mungkin agar jalan dapat kembali digunakan oleh masyarakat untuk kepentingan ekonomi dan lainnya.

"Keberhasilan pembersihan ini membantu memulihkan mobilitas dan mengurangi dampak gangguan akibat kondisi jalan yang terhalang oleh tumpukan lumpur dan batu," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/26/174314078/jalan-negara-di-sumbawa-tertimbun-longsor-akses-sempat-putus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke