Salin Artikel

Saat 3 Orang Terjebak di "Lift" Kantor Pemkab Brebes Selama 30 Menit

BREBES, KOMPAS.com - Dua aparatur sipil negara (ASN) dan seorang petugas kebersihan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes terjebak di dalam lift Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Jawa Tengah Senin (19/2/2024).

Ketiganya sempat panik akibat terjebak di dalamnya sekitar 30 menit akibat lift yang terhenti total karena mati listrik.

Hingga akhirnya petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) datang dan melakukan evakuasi.

Dua orang ASN adalah pegawai Dinas Pengelola Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDA-PR) Brebes yang baru saja mengikuti rapat di lantai 5 KPT Brebes.

Sedangkan satu orang lainnya adalah tenaga lepas atau petugas kebersihan. Ketiganya terjebak saat hendak turun ke lantai satu.

Tim Damkar Brebes langsung melakukan upaya penyelamatan setibanya di kantor KPT tersebut.

Dengan menggunakan peralatan khusus, petugas berhasil membuka pintu lift dan mengevakuasi seluruh karyawan yang terjebak di dalamnya.

Salah satu ASN yang terjebak dalam lift, Doni Imam Sampurno mengatakan, dirinya terjebak di dalam lift di antara lantai 4 dan 3 saat turun di gedung KPT.

Sebelum terjebak, lift sempat anjlok dan langsung berhenti. Saat terjebak ia mengaku berusaha tenang dan memencet tombol alarm darurat.

"Saat itu saya langsung telepon (orang) yang masih berada di lantai 5," kata Doni, kepada wartawan usai dievakuasi Damkar Brebes, Senin.

Inspektur Komandan Damkar Satpol PP Kabupaten Brebes Sugiarto menerima laporan itu beberapa menit setelah kejadian dan langsung menuju lokasi.

"Setibanya di KPT kami langsung ke lokasi dan di lantai tiga ini memang pintu lift sudah terbuka," kata Sugiarto.

"Karena memang membutuhkan kunci khusus. Dan setelah terbuka, kita lakukan pembukaan secara manual karena memang didalamnya ada kunci lagi jadi bisa langsung buka, " lanjutnya.

Dia menambahkan, untuk ketiga korban yang terjebak di dalam lift ini dalam kondisi selamat. Setelah berhasil dievakuasi ketiganya langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Alhamdulillah ketiganya dalam kondisi sehat. Setelah dievakuasi juga sudah mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/19/161744978/saat-3-orang-terjebak-di-lift-kantor-pemkab-brebes-selama-30-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke