Salin Artikel

Pesawat AirAsia Tergelincir di Bandara Komodo Labuan Bajo

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pesawat AirAsia tergelincir saat menuju apron setelah mendarat dengan sempurna di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, pada Senin (19/2/2024).

Manager Public Relations & Communication of Indonesia AirAsia Ageng Wibowo Leksono membenarkan kejadian tersebut.

"Penerbangan dengan kode 0Z 860 rute Jakarta - Labuan Bajo yang membawa 151 penumpang ini mendarat pada 10.20 Wita. Semua kru dan penumpang dipastikan dalam keadaan selamat dan seluruhnya telah berhasil dievakuasi," kata Ageng dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin siang.

Ia menyebut, saat ini pesawat telah berhasil dievakuasi dan sudah memasuki area parkir B2 Bandara Komodo Labuan Bajo. Proses evakuasi berlangsung sekitar kurang lebih 30 menit.

"Keadaan runway telah clear dan bisa beroperasi kembali dengan normal. Investigasi lebih lanjut mengenai kejadian ini juga tengah dilakukan oleh tim Indonesia AirAsia bersama pihak otoritas Bandara Komodo Labuan Bajo," ujar dia.

Ia mengatakan, adanya kejadian ini membuat penerbangan QZ 861 rute Labuan Bajo - Jakarta terpaksa delay beberapa jam.

Terkait hal tersebut, Indonesia AirAsia memastikan bahwa penumpang mendapatkan kompensasi atas keterlambatan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan.

Indonesia AirAsia bekerja sama dengan pihak berwenang yang terkait dan memastikan langkah-langkah perbaikan yang sesuai untuk dilakukan dengan seksama.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/19/151055978/pesawat-airasia-tergelincir-di-bandara-komodo-labuan-bajo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke