Salin Artikel

Distribusi Logistik Pemilu di Ende, Petugas Arungi Lautan Selama 2 Jam Pakai Perahu Motor

Di beberapa daerah pedalaman dan kepulauan, distribusi logistik dilakukan lebih awal karena mempertimbangkan kondisi cuaca.

Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Ndona. Para petugas dan aparat aparat Kepolisian Sektor Ndona terpaksa harus berkejaran dengan cuaca di laut agar logistik pemilu tiba dengan aman.

Kapolsek Ndona Ipda I Gede Wisna mengatakan, ada tiga desa di wilayah Polsek Ndona yang hanya bisa ditempuh melalui jalur laut. Ketiga desa tersebut yakni Wolokota, Kekasewa dan Nila.

"Distribusi logistik ke tiga desa ini kami laksanakan hari Minggu (11/2/2024)," ujar Wisna saat dihubungi, Selasa (13/2/2024).

Wisna mengungkapkan, proses distribusi logistik pemilu menuju tiga desa itu menggunakan perahu motor.

Perjalanan menuju tiga desa ini melewati pelabuhan Bita Beach. Dari pelabuhan menuju Desa Wolokota dan Kekasewa menghabiskan waktu sekitar 1 jam 50 menit. Sedangkan menuju Desa Nila sekitar 2 jam perjalanan.

Wisna menuturkan, selama perjalanan suasana sempat tegang lantaran petugas harus berkejaran dengan waktu karena diprediksi cuaca di laut akan kembali memburuk.

Tak berhenti di situ, logistik pemilu dijemput dengan perahu nelayan menuju pesisir pantai.

Kemudian mereka memikul logistik pemilu tersebut menuju tempat pemungutan suara (TPS) dengan berjalan kaki.

"Dari tempat turunnya logistik di darat petugas jalan kaki mendaki ke Desa Wolokota sekitar 30-45 menit, ke Desa Kekasewa sekitar 30-45 menit, sedangkan ke Desa Nila sekitar 45 menit," ujar dia.

Meski akses cukup sulit namun proses distribusi logistik berjalan lancar. Wisna juga menambahkan saat ini proses penyaluran logistik pemilu sedang berjalan.

"Logistik untuk 11 desa/kelurahan semua sudah bergeser ke PPS pada Senin kemarin, dan direncanakan hari ini akan bergeser ke TPS," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/13/113608878/distribusi-logistik-pemilu-di-ende-petugas-arungi-lautan-selama-2-jam-pakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke