Salin Artikel

Datang ke Serang, Menteri ATR/BPN Bagikan Langsung 10 Sertifikat Tanah

Penyerahan sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dilakukan kepada 10 rumah warga di desa tersebut.

Pantauan Kompas.com di lokasi, Hadi mendatangi langsung satu per satu rumah warga dan menyerahkan sertifikat secara langsung.

Hadi didampingi Pemjabat Gubernur Banten Al Muktabar dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah juga memberikan arahan kepada warga soal manfaat sertifikat.

"Punya usaha kemudian kurang biaya, bukan hanya anak bisa sekolah. Tapi sertifikat bisa sekolah, kalau sekolah jangan tinggi tinggi dan jangan lama-lama. Kecuali anak boleh tinggi," kata Hadi, Selasa (13/2/2024).

Hadi mengatakan, sertifikat merupakan bukti dokumen kepemilikan tanah yang sah agar tidak terjadi perselisihan antar tetangga.

"Ini (sertifikat) bukti anti cek cok, kalau cek cok kan silaturahmi kita jadi kurang bagus," ujar Hadi.

Selain itu, kata dia, sertifikat juga menjadi bukti kepemilikan tanah apabila ada pihak-pihak yang mengaku atau mengklaim atas tanah warga.

"Ada orang yang datang mengaku tanahnya ibu dan bapak, ternyata sudah ada sertifikatnya berarti pendataan yang baru itu gagal, berarti tanah ibu masuk katagori 'anti-caplok'," kata Hadi.

"Jadi Ini sertifikat 'anti-cek cok' dan 'anti-caplok'," sambung dia

Sehingga, Hadi meminta kepada setiap warga untuk menyimpan dan menjaga sertifikat tanah dengan baik.

Salah seorang warga, Maksuroh (56) mengaku senang rumahnya yang seluas 281 meter persegi memiliki sertifikat, setelah melalui proses selama dua bulan.

"Senang yang nyerahin sertifikatnya langsung Pak Menteri, kalau biayanya cuma Rp 150 ribu untuk pemasangan patok," kata Maksuroh.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/13/112745278/datang-ke-serang-menteri-atr-bpn-bagikan-langsung-10-sertifikat-tanah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke