Salin Artikel

Sivitas Akademika Unnes Minta TNI dan Polri Tak Mau Diperalat Kekuasaan

Permintaan itu ditegaskan oleh perwakilan guru besar, dosen dan mahasiswa pada aksi seruan moral di depan Kantor Rektorat Unnes, Semarang, Rabu (7/2/2024). 

"Kepada TNI, Polri, dan aparatur sipil negara untuk menegakkan netralitas dan tak mau diperalat kekuasaan," kata perwakilan Guru Besar Unnes, Issi Yuliasri. 

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada presiden dan wakil presiden, para menteri, dan seluruh pejabat negara untuk menegakkan prinsip-prinsip demokrasi, konstitusi, dan amanat reformasi. 

"Dengan tidak menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi, kelompok atau keuntungan elektoral sesaat," paparnya.

Selain itu, penyelenggara pemilu juga diminta untuk mengedepankan asas jujur, adil, dan transparan serta bertindak profesional bagi terciptanya pesta demokrasi 2024 yang bermartabat. 

"Kami meminta kepada semua politikus untuk kembali pada jati diri sebagai representasi kedaulatan rakyat," bebernya.

Menurutnya, seorang politikus harus berjuang untuk rakyat dengan cara bermartabat serta menjauhi sikap oportunistik dan perilaku manipulatif. 

Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh kaum cerdik-cendikia agar menjaga integritas keilmuan, memperkokoh keberpihakan pada kebenaran.

"Dan pada saat yang sama tidak menjadi bagian dari penyulut polarisasi masyarakat," imbuhnya.

Bersama dengan sejumlah guru besar, dosen dan mahasiswa, pihaknya juga menyerukan kepada seluruh elemen bangsa untuk merapatkan barisan.

"Untuk mengawal tegaknya demokrasi yang bermartabat, konstitusi dan supremasi hukum untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila, UUD 1945 serta amanat reformasi," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/07/172335678/sivitas-akademika-unnes-minta-tni-dan-polri-tak-mau-diperalat-kekuasaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke