Salin Artikel

Beredar Video Pilot Susi Air Sampaikan Pesan Meminta Obat

Dalam dua video pendek yang tersebar, Philip menyampaikan beberapa pesan.

Di video berdurasi 49 detik, Philip menyampaikan bahwa kondisinya baik-baik saja dengan bahasa Inggris.

"Halo, ini aku, ini 22 Desember 2023. Aku baru saja bertemu komandan yang datang ke sini dan mengizinkanku mengirimkan pesan video. Dia akan mengirimnya nanti ketika dia mendapatkan jaringan internet. Aku baik-baik saja, mereka memperlakukanku dengan baik, kuharap kamu (istri Philip) dan Jacob (anak Philip) sehat dan mendapat dukungan. Nanti ketika kita bertemu lagi, komandan mengatakan nanti kita akan mencoba menelepon bila tersedia wifi, itu harapanku," kata Philip yang terlihat berambut gondrong.

Sedangkan pada video lainnya yang berdurasi 28 detik, sang pilot meminta bantuan untuk alat pengobatan.

"Pagi, komandan (diduga Egianus Kogoya) bilang dia membutuhkan bantuan untuk memesan barang untukku. Bisakah kau membantuku mendapatkan satu-dua ventolin dan inhaler untuk persediaanku kalau asmaku kambuh. Dan kalau memungkinkan bisa kah aku mendapatkan lilin aromaterapi dan buku berbahasa Inggris sebanyak mungkin?"

Tanggapan Satgas Cartenz

Kepala Satgas Penegakan Hukum Operasi Damai Cartenz Kombes I Gusti Gede Era Adhinata mengatakan bahwa aparat belum bisa memastikan apakah foto dan video tersebut merupakan dokumentasi terbaru dari Kapten Philip yang telah satu tahun disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

"Masih didalami, itu dibuat Desember," ujarnya melalui pesan tertulis, Rabu (7/2/2024).

Namun ia mengkonfirmasi bahwa ada salah satu foto beredar yang menampilkan pilot bersama seseorang yang sedang memegang senjata. Sosok tersebut merupakan salah satu DPO aparat keamanan.

"Itu (di foto) Perek Jelas Kogoya," kata dia.

Perek Jelas Kogoya diyakini merupakan adik kandung dari Egianus Kogoya.

Untuk diketahui KKB Egianus Kogoya telah menyandera pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mertens selama setahun sejak 7 Februari 2023. Saat ini upaya negosiasi untuk membebaskan pilot berkewarganegaraan Selandia Baru tersebut masih terus dilakukan.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/07/144746278/beredar-video-pilot-susi-air-sampaikan-pesan-meminta-obat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke