Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Komentar PDI-P Soal Banyak yang Ingin Kuasai "Kandang Banteng" | Para Kades Rakor Pemenangan Prabowo

KOMPAS.com - Bambang Pacul, Ketua DPD PDI-P Jawa Tengah (Jateng) ikut mengomentari mengenai dominasi suara PDI-P di Jateng.

Dia tidak menampik ada beberapa pihak yang berupaya merontokkan suara PDI-P di Jateng yang disebut sebagai "kandang banteng".

Selain itu, beredar foto para kepala desa (kades) ikut rapat koordinasi (rakor) pemenangan Prabowo-Gibran.

Foto tersebut memperlihatkan spanduk dengan tajuk “Rapat Koordinasi Kepala Desa Kab. Temanggung untuk Pemenangan Prabowo-Gibran 2024; Menjemput Indonesia Maju”.

Dua berita tersebut menjadi perhatian banyak pembaca Kompas.com. Berikut ini lima berita populer Nusantara yang dirangkum pada Senin (5/2/2024).

1. Respons Bambang Pacul soal suara PDI-P

Bambang Pacul menyebut upaya perontokkan suara PDI-P di Jateng sebagai "kandang banteng" ini justru akan menjai penyemangat semua kader untuk memenangi Pemilu 2024.

“Bukan hanya menggetarkan, tetapi mungkin merontokkan (kandang banteng) juga. Tetapi, di sini semangat banteng. Kita akan melihat bagaimana banteng terdesak maka banteng akan keluar tanduknya. Jadi tidak usah khawatir,” ujar Bambang Pacul di sela-sela kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Stadion Pringgodani, Kota Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Minggu (4/2/2024).

Bambang mencontohkan ada belasan ribu simpatisan PDI-P Kabupaten Wonogiri yang sudah datang sejak pagi memadati Stadion Pringgodani Kota Wonogiri.

Kondisi itu menjadikan semangat simpatisan yang siap melawan dan memenangi pemilu pada 14 Februari 2024.

Bambang optimistis para kader memiliki semangat tempur luar biasa akan dapat mempertahankan keberadaan Jateng sebagai "kandang banteng".

Dalam foto terlihat spanduk dengan tajuk “Rapat Koordinasi Kepala Desa Kab. Temanggung untuk Pemenangan Prabowo-Gibran 2024; Menjemput Indonesia Maju”.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Temanggung, Roni Nefriyadi membenarkan adanya kegiatan terkait pertemuan yang membahas Prabowo-Gibran di wilayahnya.

Roni menyebut, kegiatan itu berlangsung di sebuah restoran di Kecamatan Parakan pada Sabtu (3/2/2024) mulai pukul 09.00-14.00 WIB.

"Pihak resto tidak mengetahui (jumlah) pastinya yang datang berapa. Cuman, pesan makanannya sejumlah 130 porsi."

"Ada beberapa mobil yang datang, ada juga karung-karung yang isinya diduga kaus,” tutur Roni, Minggu (4/2/2024).

Roni belum bisa memastikan apakah peserta kegiatan seluruh kades di Temanggung.

Roni juga belum bisa memastikan pelanggaran apa yang dikenakan bila terbukti para kades hadir dalam kegiatan terkait.

Salah satu anggota KPPS di Bandar Lampung, Danar Yudistira, mengaku senang mendengar info bakal dibayarkannya honor bimtek pada Senin (5/2/2024).

Danar mengaku sudah menanyakan kapan honor dibayarkan.

"Waktu selesai (bimtek) udah saya tanya, Bang. Tapi nggak tahu kapan dibayarnya," kata dia dihubungi melalui pesan WhatsApp, Senin (5/2/2024) siang.

Kabar gembira itu bahkan menjadi bahan kelakar sesama KPPS.

Danar merujuk pada konten-konten di media sosial tentang gaji KPPS yang viral belakangan ini.

"Alhamdulilah, Bang. Bisa lunasin uang DP (down payment) Pajero, hahahaha..." kata Danar.

Seorang mahasiswa berinisial PUL menyerahkan diri ke Markas Kepolisian Sektor Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ia sempat kabur usai membacok dua orang warga pada Rabu (31/1/2024).

"Pelaku ini menyerahkan diri kemarin siang di Polsek Kelapa Lima," kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Kupang Kota Inspektur Dua (Ipda) Florensi Ibrahim Lapuisaly, Senin (5/2/2024) pagi.

Florensi menyebut, PUL merupakan pelaku pembacokan kakak beradik Stefanus dan Yulius, yang indekos di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

PUL, lanjut dia, menyerahkan diri dibantu keluarganya dan atas kesadaran sendiri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belakangan kerap melakukan kunjungan kerja di sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng).

Selain itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga sebelumnya intens kampanye di Jateng.

Terkait hal tersebut, Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jateng tak khawatir. Ketua TPD Ganjar-Mahfud Agustina Wilujeng mengaku Jateng masih dalam genggaman Ganjar-Mahfud.

"Ternyata tidak (terganggu dengan kunker Jokowi), awalnya kan media memberitakan, kemudian diberikan semacam persepsi begini begitu," tutur Agustina ditemui di Panti Marhaen usai nonton bareng debat capres, Minggu (4/2/2024).

https://regional.kompas.com/read/2024/02/06/060000078/-populer-nusantara-komentar-pdi-p-soal-banyak-yang-ingin-kuasai-kandang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke