Salin Artikel

Gunung Lewotobi Meletus 4 Kali Selama 6 Jam, Tinggi Kolom Abu 1,5 Km

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki mencatat, gempa letusan ini memiliki amplitudo 47.3 mm, dan durasi 62-108 detik.

"Teramati 4 kali letusan dengan tinggi 1.500 meter dan warna asap putih dan kelabu," ujar Petugas Pos PGA Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa di di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Folres Timur, Jumat.

Secara visual gunung jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan kuat teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 1.500 meter di atas puncak kawah.

PGA Lewotobi Laki-laki juga mencatat gunung tersebut mengalami 16 kali gempa guguran dengan amplitudo 3.7-37 mm, durasi 21-193 detik.

Sembilan kali low frekuensi dengan amplitudo 4.4-37 mm, durasi: 8-41 detik; dua kali vulkanik dangkal, amplitudo 5.1-16.2 mm, durasi 11-16 detik, dan satu vulkanik dalam dengan amplitudo 10.5 mm, S-P 1.5 detik, durasi 14 detik.

Bobyson mengatakan hingga saat ini status Gunung Lewotobi Laki-laki masih berada di level III siaga.

Masyarakat di sekitar, wisatawan tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki serta sektoral 5 kilometer pada arah utara-timur laut dan 6 kilometer pada sektor timur laut.

Selain itu diimbau agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Kemudian, mewaspadai potensi banjir lahar pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Jika terjadi hujan abu diharapkan memakai masker atau penutup hidung dan mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/02/182404778/gunung-lewotobi-meletus-4-kali-selama-6-jam-tinggi-kolom-abu-15-km

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke