Salin Artikel

Gunung Lewotobi Kembali Alami Erupsi Disertai Awan Panas Guguran 700 Meter

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali mengalami erupsi pada Jumat (2/2/2024) siang.

Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki melaporkan erupsi terjadi 12.48 Wita, tetapi tinggi kolom abu tidak teramati.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47 milimeter dan durasi lebih 1 menit 36 detik.

"Erupsi disertai awan panas guguran sejauh 700 meter dari pusat erupsi," ujar petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Jumat.

PGA Lewotobi Laki-laki juga mencatat, pada periode pengamatan pukul 06.00 Wita-12.00 Wita, gunung api setinggi 1.584 meter di atas permukaan laut (mdpl) mengalami satu kali gempa letusan.

Kemudian, 11 kali guguran, empat kali low frequency, dan dua kali tektonik jauh.

Secara visual gunung jelas hingga kabut 0-I.

Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 700 meter di atas puncak kawah.

Teramati letusan dengan tinggi 700 meter dan warna asap putih dan kelabu. Aliran lava teramati mengarah ke timur laut sejauh 4,1 kilometer dari pusat erupsi.

Bobyson mengimbau masyarakat tetap waspada dan mengikuti rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

https://regional.kompas.com/read/2024/02/02/140438878/gunung-lewotobi-kembali-alami-erupsi-disertai-awan-panas-guguran-700-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke