Salin Artikel

Misteri Kerangka Manusia di Pinggir Sungai Cisuda Sukabumi, Warga Lihat Pria Bawa Tas dan Karung

Lokasi penemuan tepatnya di Kampung Sudajaya, Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros.

Hendra (43), warga sekitar bercerita temuan berawal adanya warga yang curiga orang mondar-mandir ke area lokasi ditemukannya mayat.

Karena curiga, warga tersebut mengecek lokasi tersebut.

"Nah tadi itu sempat ada orang yang dicurigai sempat turun ke bawah itu. Langsung dicek lah sama warga sini ternyata menemukan tengkorak," ujar dia, Kamis.

Saat ditemukan, kata Hendra, kondisinya sebagian tertutup sarung dan hanya terlihat celana luar yang dipakainya.

"Kalau ke atasnya itu sudah tertutup sarung. Nah ke bawah itu kakinya tinggal tulang ada celana jeansnya," kata Hendra.

Ia mengatakan pada dua minggu lalu, warga yang bersih-bersih sempat mencium bau tak sedap di lokasi tersebut. Disangka, aroma tersebut dari bangkai hewan.

"Dua minggu yang lalu itu warga di sini bersih-bersih makam, itu sempat mencium bau, tapi hanya sekitaran makam aja tidak dicek ke sana karena banyak hewan biawak," katanya.

Tak lama setelah bau bangkai tersebut, sekitar 11 hari yang lalu, melihat ada dua orang yang sama dan mencurigakan.

"Hari Senin (22/01/2024) itu kita curiga ada dua orang dari sana jalan dan membawa tas gendong. Kemudian duduk di Pos menghadap ke arah sana (lokasi temuan)," ucapnya.

Henda sempat makan dan saat kembali, ia melihat satu orang membawa karung dan satu lagi membawa kitri (kelapa baru tumbuh).

"Nah saya lihat asalnya mereka bawa tas, pas pulangnya tidak bawa tas, tidak tahu tasnya ke mana," tambahnya.

Lalu pada Kamis (1/2/2024), ia kembali melihat orang yang mencurigakan di lokasi yang sama.

"Nah tadi itu kita curiga lagi ada orang tak dikenal sekitar situ, setelah tidak ada orangnya dicek lah. Ternyata ada kerangka manusia," kata dia.

Warga lain, Rikrik (44) juga menjelaskan hal yang sama. Ia mengaku melihat pria yang mencurigakan membawa karung.

"Waktu saya sama rekan saya ada yang dicurigai cowok ya bertato, turun terus ke situ (lokasi penemuan kerangka mayat) pas naik dia (pria misterius) kaya bawa sesuatu pakai karung, cuma enggak tahu isinya apa," ujar dia.

Karena curiga, ia bersama tetangganya langsung ke lokasi.

"Nah saya itu curiga terus nyoba sisir ke situ ke bawah, ternyata ada tengkorak, posisinya dibawah sudah bersih cuman tengkoraknya aja, rambut dan kulitnya tidak ada (mengelupas)," tuturnya.

Warga kemudian melaporkan temuan tersebut ke polisi.

Petugas kepolisian yang melakukan olah tempat kejadian perkara mengamankan beberapa barang di lokasi seperti, tali tambang, tas gendong, kunci gembok, sandal dan sejumlah surat.

Selain itu, polisi juga mengamankan sarung warna merah dan pakaian yang diduga dikenakan sebelum ditemukan yakni baju hitam dan celana jeans warna biru

Kapolsek Baros Resort Sukabumi Kota, Iman Prayitno, mengatakan, temuan adanya kerangka manusia tersebut dari warga sekitar sekitar pukul 10.30 WIB.

"Setelah mendapat laporan kami langsung datang ke TKP dan memang betul kemudian kami informasikan ke pihak INAFIS Polres. Kemudian kami koordinasi juga dengan BPBD dengan Koramil dengan pihak kelurahan juga dan memang betul kami temukan kerangka yang diduga adalah kerangka manusia," ujar dia, Selasa (01/02/2024).

Ia mengatakan saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan.

"Untuk identitas sementara ini belum kami dapat. Namun demikian kami anggota Polsek Baros dan Polres sedang mencoba mendalami masalah penemuan tadi," tutur Inam.

"Walaupun ditemukan tambang kami belum bisa memastikan apakah tambang tersebut ada kaitannya atau tidak, karena kami butuh waktu untuk mendalami perkara tersebut," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunCirebon.com dengan judul Update Temuan Kerangka Manusia di Sukabumi, Warga Sempat Lihat Orang Mencurigakan Bawa Tas

https://regional.kompas.com/read/2024/02/02/113100878/misteri-kerangka-manusia-di-pinggir-sungai-cisuda-sukabumi-warga-lihat-pria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke