Salin Artikel

3.750 Pemilih Pemula Belum Miliki KTP, Pemkot Padang Datangi Sekolah

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, jemput bola perekaman e-KTP untuk pemilih pemula pada Pemilu 2024 ini.

Jumlah pemilih pemula yang belum memiliki e-KTP di Kota Padang sebanyak 3.750 orang.

"Salah satu caranya adalah dengan melakukan jemput bola yaitu dengan mendatangi sekolah-sekolah. Di sekolah mereka kami melakukan perekaman e-KTP. Sebab mereka yang pemilih pemula itu masih usia sekolah," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, Tedi Antonius melalui telepon, Selasa (30/1/2024). 

Tedi mengungkapkan, selain mendatangi sekolah, kecamatan bisa melayani perekaman data e-KTP.

"Di kecamatan juga bisa melakukan perekaman data e-KTP. Jadi masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman," tutur dia.

Pihak sekolah, menurut Tedi, sangat mendukung program Disdukcapil dalam percepatan perekaman data e-KTP siswa-siswa yang sudah cukup umur untuk memiliki KTP.

"Setelah kami berikan datanya kepada pihak sekolah mengenai siswa mana yang sudah wajib memiliki KTP, pihak sekolah langsung mencarikan siswa tersebut. Kami sangat apresiasi sekolah-sekolah," ungkap dia.

Meski sudah jemput bola dengan mendatangi sekolah, masih ditemukan beberapa kendala yang dihadapi Disdukcapil.

"Mereka tidak mau diambil fotonya dengan alasan mereka sedang jelek atau mengenakan seragam sekolah. Padahal untuk foto itu bisa diganti nantinya. Itu salah satu kendala kami," ujarnya.

Disebutkan Tedi, jika e-KTP mereka sudah selesai, nanti pihak Disdukcapil akan mengantarkannya ke sekolahnya masing-masing.

"Untuk blangko e-KTPnya sejauh ini masih aman dan tidak ada kendala," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2024/01/30/154842178/3750-pemilih-pemula-belum-miliki-ktp-pemkot-padang-datangi-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke