Salin Artikel

Ratusan Anak Pakai Atribut Kampanye pada Kirab Kebangsaan Prabowo-Gibran, Bawaslu Turun Tangan

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Arief Rahman, membenarkan temuan tersebut.

Padahal anak-anak di bawah 17 tahun dilarang terlibat kampanye seperti memakai kaos dan membawa bendera partai atau bendera kampanye.

"Kita temukan beberapa keikutsertaan anak-anak di bawah umur yang menggunakan atribut bendera, bahan kampanye. Ada ratusan," ujar Arief ditemui di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

Dia menegaskan bahwa anak di bawah umur yang belum memiliki hak pilih dilarang ikut berkampanye. sebagaimana tertuang dalam Pasal 280.

Merespon temuan tersebut, pihaknya langsung memberi teguran kepada wali atau orang tua anak-anak yang dilibatkan dalam kegiatan ini. 

"Sejauh ini sudah kamu imbau untuk yang bersangkutan melalui orang tuanya kalau dia menggunakan kaos (partai/kampanye) dibalik, kalau dia menggunakan bendera atau atribut bahan kampanye untuk tidak dibawa oleh anak- kecil itu," jelasnya.

Untuk memberi imbauan kepada para wali itu, pihaknya menerjunkan 50 personil Bawaslu Semarang dan Bawaslu Jateng.

"Kami mengerahkan sekiar 50 orang dari 3 kecamatan, dari kota juga dari teman-teman provinsi yang memang sengaja kami sebar untuk salah satu fokusnya menyisir keikutsertaan anak-anak di bawah umur atau yang dia belum punya hak pilih contoh kaya ini nanti kita himbau. Itu peraturannya di Pasal 280 ayat 1," ungkapnya.

Selama wali atau orang tua mengikuti imbauan Bawaslu, maka upaya pencegahan keterlibatan anak dianggap tuntas.

Di samping itu, dia juga mengawasi adanya potensi pelanggaran selama kampanye berlangsung. Tak terkecuali politik uang.

"Kalau konteksnya pelaksanaan kampanye pasti yang kami orientasikan terhadap hal-hal yang dilarang pasti itu ya, mulai dari keterlibatan anak, kita coba pastikan tidak ada pembagian uang dan keterlibatan pihak-pihak yang dilarang."

"Keterlibatannya secara aktif, dia menggunakan atribut tertentu, kemudian mengacungkan jari tertentu jadi masuknya keterlibatan secara aktif," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/28/190612578/ratusan-anak-pakai-atribut-kampanye-pada-kirab-kebangsaan-prabowo-gibran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke