Salin Artikel

Pemkot Semarang Akan Bangun Perpustakaan Daerah Senilai Rp 10 Miliar

SEMARANG, KOMPAS.com - Perpustakaan Daerah (Perpusda) yang akan menghabiskan anggaran Rp 10 miliar bakal dibangun di Jalan Setia Budi Srondol, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, telah mengajukan anggaran untuk pembangunan ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

"Jadi tahun 2025 rencananya (Pembangunan Perpusda-red)," ujar Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang pada Jumat (26/1/2024).

Dia menjelaskan, Pemerintah Kota Semarang sebelumnya juga pernah membuat desain rencana pembangunan perpusda dan telah diajukan ke Perpusnas RI.

"Akan tetapi, pengajuan desain tersebut belum sesuai menurut tim survei," ujar dia.

Pemerintah Kota Semarang, selanjutnya membuat desain ulang dan mengajukan kembali di tahun 2024 ini.

Dengan pengajuan kembali, dia berharap 2025 mendatang, Kota Semarang sudah memiliki Perpusda yang lebih baik.

"Bukan saling menyalahkan, namun kemarin dari Perpusnas berubah-berubah terus keputusannya. Saat lalu, kami sudah oke. Melalui zoom. Tempatnya sudah kami buat, tapi ternyata tidak sesuai," terangnya.

Pemkot Semarang kemudian mengajukan kembali desain untuk pembangunan Perpusda di tahun 2025. Dirinya mengaku, saat ini Kota Semarang belum memiliki perpustakaan yang besar.

"Namun, ada percontohan perpustakaan di setiap kecamatan. Selain itu, perpustakaan Kota Semarang juga sudah digitalisasi, sehingga bisa diakses di manapun," imbuh Mbak Ita.

Pada 2025 nanti, pihaknya berencana tidak hanya membangun perpustakaan, namun juga kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) agar lebih bagus.

"Dengan kantor lebih besar, bisa membuat nyaman anak-anak atau masyarakat yang datang. Nanti untuk perpustakaan akan menggunakan anggaran DAK (dana alokasi khusus)," ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/26/161617778/pemkot-semarang-akan-bangun-perpustakaan-daerah-senilai-rp-10-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke