Salin Artikel

1.428 Surat Suara di Kota Tegal Rusak

Dari total 1.086.815, ditemukan 1.428 lembar surat suara yang rusak. Dengan paling banyak adalah surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ketua KPU Kota Tegal, Elvy Yuniarni mengatakan, surat suara pemilu 2024 yang rusak akan dimusnahkan. Pemusnahan akan dilakukan pada sehari sebelum hari pencoblosan.

Sementara proses penyortiran dan pelipatan surat suara telah berlangsung selama 10 hari dengan melibatkan masyarakat.

"Saat dilakukan penyortiran banyak yang rusak. Kerusakan seperti foto yang membayang, buram dan warna yang pudar, bahkan ada yang berubah warna dari merah ke kuning oranye," kata Elvy kepada wartawan, Rabu (25/1/2024).

Menurut Elvy, jika warna dasar surat suara sudah berubah, seperti merah ke kuning oranye maka dikategorikan rusak. Namun, kalau masih merah ke oranye maka itu masih memenuhi syarat.

Kegiatan itu melibatkan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan harapan mereka akan memahami logistik apa saja yang harus ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Saat ini sedang setting dan pengepakan dengan melibatkan PPK dan PPS sampai 28 Januari 2024 mendatang. Harapannya, mereka bisa memahami logistik yang harus ada di TPS," ungkap Elvy.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/25/143401078/1428-surat-suara-di-kota-tegal-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke