Salin Artikel

BMKG NTT Imbau Masyarakat Waspadai Hujan dan Petir 3 Hari ke Depan

"Tiga hari ke depan wilayah itu berpotensi dilanda hujan ringan disertai petir dari siang hingga malam hari," jelas Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai, Decky Irmawan, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (25/1/2023).

Ia merincikan, pada Kamis (25/1/2023), cuaca umumnya berawan tebal dan berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang disertai petir dari pagi hingga malam hari.

Sementara kecepatan angin 2-40 kilometer per jam.

Selain itu, tinggi gelombang di Selat Sumba bagian Timur, Laut Sawu bagian Utara dan Perairan Utara Flores, 2.5 meter.

Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi pada Jumat (26/1) hingga Sabtu (27/1/2023).

Ia mengatakan, kondisi cuaca 24 jam terakhir di Manggarai umumnya hujan dengan intensitas ringan disertai petir pada siang hari.

Suhu udara berkisar 19”C-23”C dengan kelembapan udara antara 9046-100. Angin umumnya bertiup dari arah Barat-Utara dengan kecepatan 2-31 km/jam.

"Penyebabnya wilayah Manggarai sedang memasuki musim hujan, adanya aktivitas gelombang Rossby dan Kelvin dan adanya daerah perapatan angin di Nusa Tenggara Timur," jelas dia.

Ia melanjutkan, suhu muka laut di wilayah Manggarai berkisar 29-31 derajat celcius memungkinkan terjadinya penguapan yang tinggi dan massa udara basah terkonsentrasi lapisan ketinggian hingga 500 mb (5.900 m).

Peringatan dini

Pihaknya pun sudah mengeluarkan peringatan dini yakni waspada potensi hujan dengan intensitas sedang disertai petir yang terjadi pada pagi hingga malam hari. Waspada potensi peningkatan kecepatan angin yang dapat melebihi dan 40 km/jam.

Waspada tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2.5 meter di Selat Sumba bagian, Laut Sawu bagian Utara dan Perairan Utara Flores. Angin bertiup dari barat-barat laut dengan kecepatan dapat mencapai 45 km/jam.

Imbauan BMKG

Pihaknya mengimbau masyarakat agar mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca sebagaimana dinyatakan dalam informasi peringatan dini.

Memanfaatkan informasi cuaca untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian dalam pencegahan/ pengurangan risiko bencana hidrometeorologi.

Informasi terkait cuaca dapat diakses melalui, aplikasi infobmkg, signature bmkg.go.id, dan Facebook/Instagram: bmkgmanggarai.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/25/092926378/bmkg-ntt-imbau-masyarakat-waspadai-hujan-dan-petir-3-hari-ke-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke