Salin Artikel

Puluhan Rumah di Brebes Rusak Akibat Hujan dan Angin Kencang

BREBES, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan puluhan rumah alami kerusakan di wilayah Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2024).

Kerusakan terparah terjadi di Desa Sigambir, Pagejugan, dan Kedunguter, Kecamatan Brebes. Bahkan sebuah pohon tumbang hingga menutup jalur Pantura dan terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Pantauan Kompas.com, hujan sangat deras disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB dengan durasi sekitar 30 menit. Dampak kerusakan terparah terjadi di Desa Sigambir.

Selain merusak puluhan rumah, angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon besar dan baliho calon legislatif (Caleg) di wilayah perkotaan Brebes.

Perangkat Desa Sigambir, Kasidi mengatakan, pihak pemerintah desa hingga Rabu malam masih melakukan pendataan kerusakan rumah akibat angin kencang.

Pihaknya memastikan, dari data sementara yang dihimpun, ada puluhan rumah yang rusak, termasuk rumah miliknya. Kerusakan rumah akibat angin kencang ini mayoritas terjadi di bagian atap.

"Kita masih melakukan pendataan. Kalau kejadiannya tadi sekitar pukul 16.00 WIB saat hujan besar disertai angin kencang," kata Kasidi ditemui di depan rumahnya.

Sementara terlihat tim reaksi cepat yang terdiri petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga kepolisian berada di lokasi kejadian untuk melakukan pendataan rumah rusak.

Armada Pemadam Kebakaran bahkan diterjunkan untuk melakukan penanganan kerusakan rumah yang parah.

Sub Kordinator Kedaruratan BPBD Brebes, Rismanto mengatakan, pihaknya masih melakukan pemdataan jumlah rumah yang mengalami kerusakan.

Pihaknya memastikan, dampak dari hujan yang disertai angin kencang ini merusak puluhan rumah. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

"Terjadi sekitar pukul 16.00 tadi saat hujan besar. Ini para petugas masih di lokasi melakukan pendataan," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/24/210818078/puluhan-rumah-di-brebes-rusak-akibat-hujan-dan-angin-kencang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke