Salin Artikel

Bicara soal Dana Abadi Pesantren, Gibran Dorong Santri Kuasai Perbankan Syariah dan Cyber Security

KEBUMEN, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka bicara soal Dana Abadi Pesantren saat berkunjung ke Ponpes Al Kahfi Somolangu Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2024).

Gibran berjanji akan merealisasikan Dana Abadi Pesantren yang menjadi salah satu visi-misi pasangan Prabowo-Gibran.

Hal itu disampaikan Gibran di hadapan ribuan santri dan kiai saat memberikan sambutan.

"Mungkin bapak, ibu sudah membaca di koran-koran progam kami tentang Dana Abadi Pesantren, sudah ada payung hukumnya tapi belum dieksekusi," kata Gibran.

Untuk itu kata Gibran, pihaknya memohon bantuan kepada para kiai, tokoh masyarakat, dan para santri untuk mengawal progam tersebut. Agar nantinya Dana Abadi Pesantren dapat membawa kemanfaatan bagi bangsa Indonesia khususnya kalangan pesantren.

"Jadi kami mohon pak kiai, para tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di sini untuk bisa mengawal progam Dana Abadi Pesantren ini," katanya lagi.

Gibran berharap, Dana Abadi Pesantren ini dapat membawa santri untuk menambah keilmuan yang lebih luas lagi. Tidak hanya dalam bidang agama saja, santri diharapkan bisa menjangkau ilmu-ilmu yang belum dipelajari di pondok pesantren.

"Jadi nanti jika sudah tereksekusi Dana Abadi Pesantren ini dapat digunakan sebaik-baiknya, terutama untuk kesejahteraan pondok pesantren," kata Gibran.

"Kalau santri kan sudah pasti pintar ngaji, akhlaknya baik, tapi kita pingin juga santri-santri itu pintar perbankan syariah, mengerti perkembangan zaman, ekonomi, ngerti artificial inteligen (AI), dan ngerti cyber security," imbuhnya.

Pada acara itu, Gibran mendengarkan masukan-masukan dari para kiai.

Mulai dari permasalahan keumatan hingga persoalan pondok pesantren.

Sejumlah masukan yang disampaikan kepadanya adalah terkait ongkos guru ngaji dan kesejahteraannya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/24/143015278/bicara-soal-dana-abadi-pesantren-gibran-dorong-santri-kuasai-perbankan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke