Salin Artikel

Jokowi Sebut Sudah Tersalurkan 10.000 USG dan 300.000 Timbangan Bayi untuk Penanganan Stunting

GROBOGAN, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo meninjau fasilitas dan pelayanan Puskesmas Toroh I, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024) pukul 09.20 WIB.

Jokowi, sapaannya itu, selama kurang lebih sepuluh menit mengecek dan memastikan kelengkapan ultrasonografi (USG).

"Pagi hari ini saya datang ingin memastikan bahwa puskesmas memiliki USG untuk cek kehamilan. Saya cek sistem bagus, alat ada," kata Jokowi, usai mengecek Puskesmas Toroh I, Selasa.

Menurut Jokowi, keberadaan USG di fasilitas kesehatan sangat krusial bagi kelangsungan hidup ibu dan bayi. Salah satunya untuk penanganan stunting.

Selain memantau perkembangan janin, USG juga sering dijadikan pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosis penyakit.

"Dan USG ini sudah diberikan kepada 10.000 puskesmas di Tanah Air. Diharapkan semua memiliki sehingga kehamilan ibu bayi bisa dideteksi dini. Semua data masuk di Jakarta, ini penting sekali untuk pengentasan stunting," sambung Jokowi.

Selain mengoptimalkan pemenuhan USG di faskes, kata Jokowi, pemerintah juga menggenjot perealisasian fasilitas timbangan bayi yang saat ini sudah 300.000 unit disalurkan.

"Dan juga pemberian timbangan bayi yang kita berikan ke posyandu. Ada 300.000 timbangan yang kita berikan dari sebelumnya enggak ada. Untuk cek berat badan, panjang bayi semua bisa dicek. Saya rasa penanganan sejak dini akan terus diperbaiki," pungkas Jokowi.

Jokowi tiba menumpang sedan Mercedes hitam berpelat merah bertuliskan "Indonesia" didampingi Ibu Iriana Joko Widodo.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy sudah tiba mendahului.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu disambut Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta jajaran.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam itu langsung masuk meninjau fasilitas dan pelayanan Puskesmas Toroh I. Sementara Iriana menunggu di dalam mobil.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/23/120222178/jokowi-sebut-sudah-tersalurkan-10000-usg-dan-300000-timbangan-bayi-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke