Salin Artikel

Lubang Misterius Sedalam 6 Meter Diduga Sinkhole Muncul di Purworejo

Lubang misterius tersebut diduga adalah fenomena sinkhole.

Lubang tersebut muncul setelah hujan deras yang mengguyur wilayah kabupaten Purworejo, beberapa hari ini.

Lubang misterius itu berada di dekat rumah warga bernama Abdul Aziz Besari, warga RT 001 RW 001, Dusun Katerban, Desa Donorejo.

Kejadian tersebut terjadi, Sabtu (20/1/2024) pukul 22.00 WIB. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Besari menceritakan, awalnya terdengar suara seperti pohon roboh. Ia tidak menyangka ternyata tanah samping rumah yang amblas.

"Saya kira ada pohon roboh, setelah saya cek ternyata ada lubang besar," kata Besari, pada Minggu (21/1/2024).

Karena takut, keluarga Besari malam itu langsung mengungsi ke rumah orangtuanya yang berjarak 200 meter. Ia memilih mengungsi karena takut ada amblas susulan.

"Pas malam itu hujan terus turun dan listrik juga padam. Kejadian ini sudah saya laporkan ke pihak yang berwajib oleh pemerintah Desa Donorejo," kata Besari.

Mendengar kabar ada tanah amblas di dekat rumah Besari, banyak tetangga yang penasaran dengan lubang misterius tersebut. Tak pelak, lubang itu jadi tontonan warga sekitar.

"Para tetangga penasaran dan berdatangan untuk melihatnya," ucap Besari.


Rumah Besari dihuni oleh 3 orang terdiri dari Besari dan istrinya bersama 1 orang anaknya.

Kasi Pemerintahan Desa Donorejo, Sorok Didik Basroni mengatakan, kejadian tanah amblas ini sudah dilaporkan kepemerintah guna mendapatkan penanganan.

"Keluarga Bapak Besari juga diminta waspada karena ada retakan-retakan tanah yang lebar sampai dekat pintu dapur rumahnya. Disarankan apabila ada hujan lebat sementara untuk mengungsi di rumah saudara yang lebih aman. Karena di khawatirkan ada tanah amblas susulan," tutur Sorok.

Selain kejadian itu, di Desa Donorejo juga terdapat tanah longsor yang menimpa rumah Suyanto warga RT 001 RW 001 Dusun Katerban.

Tebing setinggi 4 meter di belakang rumahnya longsor pada Jumat (19/1/204) pukul 01.00 WIB dini hari akibat hujan lebat yang disertai angin kencang.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," ujar Sorok.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/21/134037378/lubang-misterius-sedalam-6-meter-diduga-sinkhole-muncul-di-purworejo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke