Salin Artikel

Kekurangan Obat Bius, 20 Pasien di RSUCM Aceh Utara Batal Dioperasi

Kepala Hubungan Masyarakat RSUCM Aceh Utara Harry Laksmana mengatakan, operasi yang dibatalkan adalah yang bersifat elektif atau dapat ditunda.

Sedangkan operasi yang bersifat darurat tetap dilaksanakan.

“Misalnya tadi malam ada operasi pasien kanker, kita tetap operasi. Jadi, yang ditunda itu hanya operasi yang sifatnya tidak emergency, dan atas persetujuan pasien atau keluarganya,” sebut Harry saat dikonfirmasi, Jumat (19/1/2024).

Dia menjelaskan, bahan habis pakai yang habis misalnya obat bius untuk kategori satu, tapi kini sudah disiapkan obat bius kategori dua.

“Biasa kondisi awal tahun, penyusunan surat keputusan panitia lelang dan lain sebagainya. Lalu pembelian sudah dilakukan, namun tidak datang dalam waktu bersamaan,” katanya.

Dia menyebutkan, pekan depan diprediksi pembukaan dan pelaksanaan operasi telah normal kembali di rumah sakit pelat merah tersebut. 

“Kami tegaskan, pasien tidak ada yang telantar. Opsinya sudah kita siapkan semua, misalnya pinjam dari rumah sakit lain dulu sembari barang kita sampai. Ini hal biasa pinjam meminjam,” pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2024/01/19/174550678/kekurangan-obat-bius-20-pasien-di-rsucm-aceh-utara-batal-dioperasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke