Salin Artikel

HUT Ke-20 OKU Timur, Bupati Lanosin Paparkan Capaian yang Telah Diraihnya

KOMPAS.com -  Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin dan Wakil Bupati OKU Timur Adi Nugraha Purna Yudha menghadiri Rapat Paripurna ke-47 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKU Timur Masa Sidang II Tahun 2024 dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten OKU Timur, Rabu (17/1/2024).

Bupati OKU Timur dalam kesempatan tersebut mengatakan, peringatan HUT ke-20 OKU Timur menjadi momentum yang tepat untuk refleksi dan berintrospeksi terhadap masa yang telah dilalui untuk perbaikan di masa depan.

"Di usia 2 dekade ini, alhamdulillah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Prestasi ini tentunya patut kita pertahankan dan tingkatkan," kata Bupati OKU Timur Lanosin dalam rapat yang di selenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU Timur. 

Menurut Lanosin, keberhasilan itu tergambar dari berbagai program yang telah, sedang dan akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan yang dicanangkan, yaitu "OKU Timur Maju Lebih Mulia".

Dihadapan para tamu undangan, Bupati OKU Timur yang masih berusia muda ini memaparkan berbagai prestasi yang telah dicapai di masa kepemimpinannya.

Contohnya di bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM). Ia mengatakan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) OKU Timur meningkat dari 65,10 (kategori sedang) menjadi 73,05 dengan kategori tinggi.

Adapun di bidang perekonomian, Timur Lanosin mengatkan, pihaknya telah berhasil meningkatkan produk domestik regional bruto (PDRB) OKU Timur atas dasar harga berlaku dari RP 3,46 triliun menjadi RP 17,86 triliun .

"Angka kemiskinan juga menurun dari 18,26 persen menjadi 9,99 persen. Kita juga berhasil menekan angka pengangguran terbuka dari 8,84 persen menjadi 3,96 persen," paparnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

Pada sektor pertanian, kata Lanosin, Pemkab OKU Timur telah berhasil meningkatkan produksi padi dari 543.993 ton gabah kering giling (GKG) dengan luas panen 105.972 hektar (ha) menjadi 696.027 ton GKG dengan luas panen 106.164 ha.

"Data terakhir menunjukkan bahwa surplus beras di OKU Timur mencapai 296.330 ton," ujar Lanosin.

Di bidang perikanan, produksi ikan konsumsi di OKU Timur meningkat dari 1.523 ton menjadi 53.492 ton. OKU Timur pun telah ditetapkan menjadi Kampung Budidaya Ikan Patin oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kementerian KP).

"Sektor peternakan, jumlah ternak sapi meningkat dari sekitar 8.000 ekor menjadi 76.240 ekor, ini merupakan ternak sapi terbanyak di Sumsel," ujar Lanosin.

Lebih lanjut, Bupati Lanosin membeberkan capaian di bidang infrastruktur dasar bidang transportasi.

Ia mengatakan, pada 2006 hanya sekitar 20 persen ruas jalan kabupaten OKU Timur dalam kondisi mantap. Saat ini, sudah 79 persen dari 933 kilometer (km) sudah dalam kondisi mantap.

Kemudian, capaian di sektor keuangan daerah yang meningkat. Ia mengatakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) OKU Timur yang semula hanya sebesar Rp 185,4 miliar dengan pendapatan asli daerah (PAD) Rp 1,8 miliar, meningkat menjadi lebih dari Rp 2 triliun dengan PAD sebesar Rp 154 miliar.

"Segala bentuk prestasi dan penghargaan yang telah diraih bukanlah tujuan akhir. Namun menjadi motivasi untuk terus mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat," kata Lanosin.

Bupati Lanosin mengajak seluruh pihak untuk memberikan sumbangsih saran dan masukan khususnya dalam menentukan arah kebijakan pembangunan Kabupaten OKU Timur. Hal ini untuk mewujudkan Sumsel Mapan dan Indonesia Emas di tahun 2045.

OKU Timur terus maju

Untuk diketahui, dalam Rapat Paripurna yang dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten OKU Timur, Beni Defitson, hadir pula Pejabat (Pj.) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) S.A Supriono.

Sekda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel Supriono mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 OKU Timur.

Ia berharap agar Kabupaten OKU Timur terus maju hingga mencapai masyarakat yang makmur dan sejahtera.

"(Saya harap) setiap keberhasilan pembangunan (di OKU Timur) untuk terus dipertahankan dan disempurnakan. Setiap hambatan kiranya menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan di masa akan datang," kata Supriono.

Untuk diketahui, tema Hari Jadi ke-20 Kabupaten OKU Timur kali ini mengusung tema, "Pembuktian dukungan kualitas infrastruktur ekonomi dan SDM, Memperkuat Sektor Unggulan Daerah Demi Menyukseskan Pemilu tahun 2024 menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia".

Sekda berharap tema tersebut dapat dijadikan semangat, penguat dan pengokoh tekad semua pihak untuk menjadikan Kabupaten OKU Timur yang semakin maju.

Usai rapat paripurna digelar, perayaan HUT ke-20 OKU Timur dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan CSR dari Bank Sumsel Babel untuk Bedah Rumah 7 Unit senilai Rp 140.000.000.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/18/144835478/hut-ke-20-oku-timur-bupati-lanosin-paparkan-capaian-yang-telah-diraihnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke