Salin Artikel

Gunung Lewotobi Kembali Meletus dan Bergemuruh Malam Ini, Warga Panik

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 8 menit 42 detik.

"Erupsi terjadi pukul 20.58 Wita dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 600 meter di atas puncak lebih kurang 2.184 meter di atas permukaan laut," ujar Petugas Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa, Selasa malam.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut.

Letusan menerus masih terjadi dengan lontaran lava pijar ke arah barat daya-barat dengan jarak luncur 2 kilometer dari kawah.

Pantauan Kompas.com, sejumlah warga sempat panik hingga berlari mencari tempat aman untuk menyelamatkan diri. Belum lagi erupsi ini disertai lontaran lava pijar dan gemuruh kuat.

Sementara di depan kamp pengungsian di Desa Boru, petugas tim SAR gabungan sedang bersiaga untuk melakukan patroli di sejumlah wilayah terdampak.

"Gemuruhnya kuat sekali, kami semua panik. Sampai kapan kami harus seperti ini. Kami hanya bisa pasrah," ucap Eduardus Mehan (36), warga Desa Hokeng Jaya.

Hingga saat ini status Gunung Lewotobi Laki-laki masih di berada Level IV awas.

Masyarakat di sekitar diimbau tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius empat kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki serta sektoral lima kilometer pada arah utara-timur laut dan enam kilometer sektor timur laut.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/16/212131278/gunung-lewotobi-kembali-meletus-dan-bergemuruh-malam-ini-warga-panik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke