Salin Artikel

Ada CFN dan CFD di Alun-alun Magelang Mulai Pekan Ini, Berikut Jalur yang Ditutup

MAGELANG, KOMPAS.com – Hari bebas kendaraan bermotor akan mulai dilakukan pada Sabtu (20/1/2024) malam dan Minggu (21/1/2024) pagi. Kegiatan ini bakal dilaksanakan di seputaran Alun-alun Magelang, Jawa Tengah.

Dalam agenda yang direncanakan rutin dilakukan ini, ada jalur yang ditutup.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Magelang, Sarwo Imam Santosa menyampaikan, car free night (CFN) dan car free day (CFD) berlaku masing-masing mulai Sabtu malam dan Minggu pagi pekan ini.

Khusus CFN hanya berlangsung pada tiap Sabtu Legi atau 35 hari sekali. Baik CFN ataupun CFD menggunakan ruas Jalan Ahmad Yani (perempatan kantor polisi militer atau CPM) sampai Jalan Pemuda (pertigaan lampu lalu lintas Pecinan).

CFN diterapkan mulai pukul 17.00-00.00 WIB. Sedangkan, CFD diterapkan pukul 05.00-10.00
Imam menyebut, kegiatan masyarakat dilakukan di sepanjang jalan dengan panjang sekitar 1 kilometer itu. Stan-stan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menempati trotoar.

“Berisi stan UMKM yang sudah dikurasi Disperindag [Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Mikro],” katanya kepada Kompas.com, Senin (15/1/2024).

“Termasuk, beberapa makanan yang nonhalal. Karena, Kota Magelang kota toleransi. Kalau jajanannya hanya itu-itu saja, nanti (masyarakat) yang mengemari tidak bisa menikmati makanan sesuai seleranya,” lanjutnya.

Dalam kegiatan hari bebas kendaraan bermotor pula akan difasilitasi panggung terbuka di Alun-alun. Berbagai komunitas bisa menunjukkan karyanya di sana.

Iwan juga menjamin ruas Jalan Tentara Pelajar tidak ditutup agar umat Kristiani dan Katolik tetap bisa beribadah di gereja yang berada di sekitaran Alun-alun.

“Harapannya orang-orang yang di luar Kota Magelang bisa ikut juga (CFN dan CFD). Tidak cuma orang Kota Magelang yang meramaikan,” imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/15/163400078/ada-cfn-dan-cfd-di-alun-alun-magelang-mulai-pekan-ini-berikut-jalur-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke