Salin Artikel

Tabrakan dengan Mobil di Klaten, KA Gaya Baru Malam Selatan Sempat Ganti Lokomotif

Kecelakaan yang terjadi pada pukul 16.30 WIB, mengakibatkan satu pengemudi dan satu penumpang mobil Toyota Agya nomor pelat L 1465 JF meninggal dunia. 

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan setelah kecelakaan tersebut, KA Gaya Baru Malam Selatan sempat berhenti sebentar untuk pengecekan lokomotif. 

"Demi keselamatan pelanggan, perjalanan KA tersebut harus berhenti sebentar untuk dilakukan pengecekan pada sarana lokomotif di Stasiun Brambanan, dan ditemukan kerusakan pada bagian depan lokomotif," kata Krisbiyantoro.

Pihak KAI pun akhirnya mengganti lokomotif KA Gaya Baru Malam Selatan. 

"Daop 6 mengirimkan lokomotif pengganti untuk KA Gaya Baru Malam Selatan dan dapat diberangkatkan kembali pukul 18.21 WIB. Akibat kejadian ini sejumlah KA ikut mengalami kelambatan," paparnya. 

Serta KA commuter line andil kelambatan 5 menit dan KA Logawa andil kelambatan 15 menit.

"Memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan KA Gaya Baru Malam Selatan. Kami juga mengimbau agar masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan serta kesadaran akan keselamatan di perlintasan sebidang KA," lanjutnya. 

Tekait perlintasan kereta api tanpa pintu, Krisbiyantoro menjelaskan merupakan kewenangan Pemerintah Daerah setempat. Oleh karenanya Daop 6 juga berharap kerjasama dari pihak Pemda setempat untuk melakukan penjagaan di perlintasan tersebut.

"Daop 6 mengingatkan kembali pentingnya untuk menengok kanan dan kiri terlebih dulu sebelum kendaraan melintasi perlintasan sebidang. Pastikan aman untuk melintas, barulah kendaraan bisa melintas," paparnya. 

https://regional.kompas.com/read/2024/01/14/221107778/tabrakan-dengan-mobil-di-klaten-ka-gaya-baru-malam-selatan-sempat-ganti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke