Salin Artikel

117 KK Mengungsi ke Sikka Imbas Erupsi Gunung Lewotobi

Camat Talibura, Lazerus Gunter mengungkapkan, ratusan pengungsi tersebar di tiga desa di Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka yaitu Desa Hikong, Desa Kringa dan Desa Timutawa.

"Berdasarkan data terbaru terdapat 481 jiwa atau 117 Kepala Keluarga mengungsi ke Kecamatan Talibura," ujar Lazerus, Minggu (14/1/2024).

Lazerus menerangkan, selain di rumah keluarga, mereka mengungsi di rumah dinas guru Sekolah Dasar Katolik Boganatar dan SMP Boganatar, dan Aula Gereja Boganatar.

Pemkab Sikka, lanjutnya, juga telah menyalurkan kebutuhan para pengungsi berupa alas tidur, selimut, dan kebutuhan lain.

Selain itu, Kementerian Sosial menyalurkan bantuan melalui Dinas Sosial Sikka berupa makanan siap saji, perlengkapan anak-anak, kasur, velbed, selimut, terpal, tikar, pembalut dan dua unit tenda merah putih.

Lazerus menambahkan, telah melaporkan kondisi serta jumlah pengungsi ke Pemkab Flores Timur.

Hingga Sabtu (13/1/2024) pukul 18.00 Wita jumlah pengungsi akibat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki sebanyak 6.550 jiwa.

Sementara itu Pemkab Flores Timur memperpanjang status tanggap darurat bencana erupsi gunung Lewotobi Laki-laki hingga 24 Januari 2024.

Diketahui, status tanggap darurat sempat berlaku selama 14 hari, sejak 1 Januari-14 Januari 2024.

Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi mengatakan, perpanjangan ini setelah status Gunung Lewotobi Laki-laki ditingkatkan dari level III Siaga ke level IV Awas.

Oleh sebab itu untuk mengantisipasi dan meminimalisir dampak bencana yang terjadi, perlu dilakukan upaya penanganan yang bersifat cepat, tepat dan terpadu sesuai standar dan prosedur penanganan pada masa tanggap darurat bencana.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/14/125832278/117-kk-mengungsi-ke-sikka-imbas-erupsi-gunung-lewotobi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke