Salin Artikel

Jasa Angkut Kendaraan di Jalan Lintas Sumatera yang Terendam Banjir Pasang Tarif Mencekik

Kondisi banjir ini, membuat kendaraan sulit melintas dan menimbulkan macet parah.

Namun, situasi ini dimanfaatkan sejumlah orang untuk meraup keuntungan besar dengan menyediakan jasa angkutan kendaraan untuk melewati jalan yang banjir itu.

Sejumlah orang menyediakan mobil derek untuk mengangkut mobil minibus. Sementara untuk sepeda motor, ada angkutan truk.

Sebab, jalan lintas yang terendam ini hanya bisa dilewati kendaraan yang tinggi atau truk tronton.

Hanya saja, tarif jasa angkutan terlalu mencekik. Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial, biaya angkut satu mobil minibus mencapai Rp 1 juta lebih. Sedangkan untuk sepeda motor Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Sebagian pengendara menggunakan jasa angkutan yang sangat mahal itu.

Lama kelamaan, pengendara mulai mengeluh karena tingginya ongkos untuk mengangkut kendaraan.

Salah seorang warga Kabupaten Pelalawan, Dedi (38) menyebut, saat ini biaya angkut kendaraan di lokasi banjir Jalan Lintas Timur Sumatera sudah normal.

"Kalau sebelumnya iya mahal bg. Mobil sampai di atas Rp 1 juta, dan motor kami bayar Rp 100.000. Kalau sekarang motor Rp 40.000 dan mobil sekitar Rp 300.000," sebut Dedi saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu (13/1/2023).


Banyaknya keluhan warga soal biaya jasa angkut kendaraan di lokasi banjir jalan lintas timur sumatera, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan turun tangan.

Bupati Pelalawan Zukri Misran saat dikonfirmasi menyebut, sudah menertibkan biaya jasa angkutan di lokasi banjir tersebut.

"Sudah kita tertibkan. Untuk biaya mobil angkutan towing sudah kami tetapkan Rp 200.000. Sedangkan motor ditetapkan Rp 40.000," kata Zukri kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu.

Namun, Zukri mengakui cukup sulit untuk menertibkan biaya yang ditetapkan oleh penyedia jasa angkutan.

"Sulitnya karena mereka menaikkan kendaraan ke towing ada yang di Perawang atau dari Pekanbaru. Apalagi kondisinya sekarang darurat," kata Zukri.

Khusus untuk sepeda motor, Zukri sudah menyediakan angkutan gratis.

"Transportasi sudah kami sediakan di lokasi. Bisa angkut motor, orang sakit maupun warga yang pergi bekerja," kata Zukri.

Zukri juga akan segera menetapkan status siaga darurat karena hampir semua permukiman yang dilanda banjir, airnya masuk ke dalam rumah warga.

"Pelalawan akan kita tetapkan status siaga darurat banjir. Karena memang hampir semua rumah masyarakat yang terdampak banjir, airnya masuk ke dalam rumah. Sebagian warga sudah mengungsi, tapi banyak juga yang bertahan di rumahnya," tutup Zukri.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/13/192334178/jasa-angkut-kendaraan-di-jalan-lintas-sumatera-yang-terendam-banjir-pasang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke