Salin Artikel

1.502 Penyandang Disabilitas Mental di Boyolali Masuk Daftar Pemilih Pemilu 2024

Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Boyolali, Muhammad Rohani mengatakan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Boyolali ada 825.630 pemilih.

Dari jumlah tersebut, terdapat 1.502 pemilih kategori penyandang disabilitas mental.

Rohani mengaku masih menunggu petunjuk teknis dari KPU Pusat terkait tata cara mereka menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS).

Adapun di Boyolali ada sebanyak 3.409 TPS. Terdiri 3.408 reguler dan satu TPS lokasi khusus.

"Pasti nanti diatur di juknisnya. Juknisnya sampai hari ini kita belum menerima seperti apa. Kita tunggu juknis yang mengatur tentang pemungutan suara," kata Rohani dihubungi, Jumat (12/1/2024).

Ia menyampaikan jumlah pemilih penyandang disabilitas mental ini diperoleh dari hasil pencocokan dan penelitian (coklit) petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

"Jumlah itu kita peroleh ketika kemarin coklit dari petugas pantarlih yang kemarin kita tugaskan. Itu hasil temuan di lapangan," ungkap dia.

Proses pendataan ini terus dilakukan sampai H-7 sebelum pemungutan suara.

"Sampai saat ini kita masih proses pendataan terus. Yang jelas kalau yang tahanan itu masuk empat kategori DPTb yang nanti kita layani sampai H-7 sebelum hari H pemungutan suara. Kita koordinasi terus dengan LP untuk tahanannya itu kita cek terus apakah kita proses DPTb terdaftar di TPS mana," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/12/151555078/1502-penyandang-disabilitas-mental-di-boyolali-masuk-daftar-pemilih-pemilu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke