Salin Artikel

Kunjungi Pasar Segiri Samarinda, Anies Paparkan Program Bansos Plus dan Janji Stabilkan Harga Pangan

Dilansir dari Antara, Anies menjelaskan kepada para pedagang soal apa itu bansos plus. 

"Bansos plus itu artinya apa? Pertama, ditingkatkan jumlahnya, kedua, ditingkatkan manfaatnya. Ketiga, ditingkatkan pelayanannya," kata Anies di Samarinda, Kamis.

Anies menilai program bansos yang ada saat ini tak perlu dihapus. Namun, perlu diubah agar menjadi lebih baik. 

Nantinya, kata dia, bansos plus akan mencakup bantuan langsung tunai (BLT) tambahan untuk lansia dan disabilitas. Lalu ada juga penerima manfaat Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah plus.

Ia juga menegaskan bahwa Bansos plus akan didistribusikan secara digital dan tepat sasaran.  

Selain menjelaskan soal programnya, Anies juga menyoroti harga bahan pokok. Dia berjanji jika terpilih sebagai presiden akan menjaga stabilitas harga bahan pangan. 

"Program utama kita adalah menjaga kebutuhan pokok komoditas-komoditas utama, seperti beras, cabai, bawang merah, dan lain-lain, agar harganya menjadi terjangkau. Ini adalah prioritas pertama dan terutama," ujar Anies.

Maka dari itu, dia memperluas program contract farming, yang merupakan kemitraan antara petani dan perusahaan untuk menghasilkan produk pertanian sesuai dengan kesepakatan.

Ia berharap dengan program ini akan ada stabilitas harga dan pasokan, termasuk kepastian bagi petani.

Soal kondisi pertanian di Kaltim yang rusak akibat tambang, dia mengatakan setiap daerah punya keunggulan masing-masing. 

Dia pun akan melihat semua daerah sebagai satu kesatuan Indonesia. Hal ini agar barang-barang yang diproduksi di satu daerah bisa menjangkau daerah lain dengan baik.

"Tiap daerah memiliki keunggulan, ada daerah yang cocok untuk perkebunan, ada daerah yang cocok untuk pertanian, ada daerah yang cocok untuk tambang.

Anies juga berjanji akan menstabilkan harga BBM. Menurutnya, mahalnya harga BBM disebabkan oleh sistem logistik yang kurang baik.

"Salah satu yang ingin kita perbaiki adalah sistem logistik, termasuk harga BBM. Banyak pompa-pompa bensin di sini yang menjual BBM dengan harga tinggi, karena biaya transportasi yang tinggi. Ini tidak adil bagi masyarakat Kalimantan Timur. Kita akan cari solusinya," tandas Anies.

Lebih lanjut, Anies juga ingin menjadikan Samarinda sebagai salah satu dari 40 kota penggerak perekonomian di Indonesia.

Nantinya, dia akan membantu meningkatkan infrastruktur dasar kota, seperti air bersih, pengendalian banjir, dan pengolahan sampah.

"Kami ingin Samarinda menjadi kota kegiatan ekonomi yang menggerakkan di Kalimantan Timur. Untuk itu, kita harus memperbaiki infrastruktur dasar kota, yang selama ini menjadi masalah, seperti air bersih, banjir, dan sampah," tutur Anies.

Setelah meninjau Pasar Segiri, Anies melanjutkan kunjungannya ke beberapa tempat lain di Samarinda.

Anies juga berencana menggelar pertemuan dengan kesultanan di Kedaton Kutai Kartanegara.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/11/114819878/kunjungi-pasar-segiri-samarinda-anies-paparkan-program-bansos-plus-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke