Salin Artikel

Kerugian Kebakaran di Pasar Ngawen Blora Capai Rp 30,6 Miliar, Apa Penyebabnya?

BLORA, KOMPAS.com - Kerugian akibat kebakaran yang terjadi di Pasar Ngawen, Blora, Jawa Tengah pada Selasa (9/1/2024) kemarin ditaksir mencapai Rp 30,69 miliar.

Perinciannya yakni kerugian nilai bangunan sebesar Rp 15,5 miliar, kerugian pedagang kios Rp 608 juta, kerugian 800 pedagang loss Rp 14,9 miliar, serta kerugian 150 pedagang dasaran yang mencapai Rp 300 juta

"Taksiran kerugian akibat kebakaran Pasar Ngawen Blora sebesar Rp 30,69 miliar," ucap Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, berdasarkan keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (10/1/2024).

Berdasarkan informasi yang diterimanya, penyebab kebakaran pasar Ngawen karena adanya pedagang yang menyalakan lilin.

"Penyebab kebakaran untuk sementara diduga pedagang menyalakan lilin saat pemadaman listrik PLN, namun lupa dipadamkan dan ditinggal pulang. Untuk penyebab resmi kami menunggu hasil olah TKP yang masih dilakukan pihak kepolisian," terang dia.

Sekedar diketahui, Pasar Ngawen, Blora terbakar pada Selasa (9/1/2024) sekitar pukul 14.00 WIB.

Untuk memadamkan api, tim pemadam kebakaran (damkar) kabupaten Blora mendapatkan bantuan dari tim damkar Rembang dan Grobogan.

Diperlukan waktu sekitar 11 jam untuk memadamkan kebakaran di Pasar Ngawen tersebut. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Sejauh ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. Untuk sterilisasi, garis polisi dipasang di lokasi kejadian.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/10/165254878/kerugian-kebakaran-di-pasar-ngawen-blora-capai-rp-306-miliar-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke