Salin Artikel

Polda Jateng Akan Dalami Video yang Sebut Relawan Ganjar-Mahfud Pesta Miras Sebelum Dikeroyok TNI

SEMARANG, KOMPAS.com - Polda Jawa Tengah (Jateng) akan mendalami video viral dugaan relawan Ganjar-Mahfud pesta miras sebelum peristiwa pengeroyokan oknum TNI di Boyolali.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polisi Militer Tentara Nasional Indonesia (POM TNI) setempat.

"Kami akan dalami, dan nanti berkoordinasi dengan POM karena yang memeriksa POM," jelasnya saat ditemui di Mapolda Jateng, Selasa (9/1/2024).

Luthfi akan bertindak tegas kepada siapa pun yang mengganggu ketertiban umum, ataupun melakukan pelanggaran-pelanggaran hukum di Jateng.

"Jadi hal-hal yang menyangkut dengan melanggar hukum dan ketentuan umum tidak hanya kita komunikasikan kepada masyarakat, tetapi para kontestan pemilu," ujar dia.

Untuk itu, dia mengajak peserta pemilu untuk ikut menjaga ketertiban umum, kenyamanan, dan kedamaian di masyarakat selama masa Pemilu 2024.

"Jadi kontestasi politik nanti kan ada kampanye terbuka pada saat dia melakukan atau STTP atau surat izin dalam hal kampanye terbuka," paparnya.

Saat kampanye terbuka, masing-masing peserta pemilu akan diminta untuk membuat perjanjian untuk tidak melanggar hukum terkait dengan ketertiban umum.

"Kemudian menggunakan knalpot brong dan sebagainya," ucap Luthfi.

Seperti diketahui, viral video yang diunggah akun TikTok @ceritaprabowogibran. Dalam video itu terdapat narasi fakta terkait konvoi PDI-P vs TNI.

Dalam video tersebut, terdapat narasi relawan Ganjar-Mahfud pesta miras sebelum insiden pengeroyokan oleh oknum TNI di Boyolali.

"Dasar tukang mabuk! Mengungkap dibalik bentrokan antara pendukung Ganjar-Mahfud dan anggota TNI. Sebelum melaksanakan konvoi keliling Kota Boyolali. Ternyata pendukung Capres Ganjar Pranowo, menyiapkan alkohol jenis ciu supaya lebih nekat. Aksi ini dilakukan di depan Pemkab Boyolali, pas di gerbang masuk Pemkab," tulis akun TikTok @ceritaprabowogibran dalam keterangannya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/10/144614778/polda-jateng-akan-dalami-video-yang-sebut-relawan-ganjar-mahfud-pesta-miras

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke