Salin Artikel

Gunung Lewotobi di Flores Timur Kembali Meletus, Semburkan Asap Tebal Setinggi 800 Meter

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meletus pada Rabu (3/1/2024).

Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki melaporkan, pada periode pengamatan pukul 12.00-18.00 Wita terjadi dua kali gempa embusan dengan amplitudo 7.4-9.6 mm, dan lama gempa 23-31 detik.

Satu kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 14.8 mm, S-P 58 detik dan lama gempa 168 detik dan satu kali gempa tremor menerus dengan amplitudo 2.9-3.7 mm.

"Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 500-800 meter dari puncak," ujar petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki Anselmus Bobyson Lamanepa dalam keterangannya, Rabu.

Status Lewotobi masih siaga

Anselmus mengatakan, hingga saat ini aktivitas gunung Lewotobi Laki-laki masih level III siaga.

Masyarakat sekitar diminta tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki dan gunung Lewotobi Perempuan.

Serta 4 kilometer dalam arah barat laut utara dan selatan-tenggara dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki.

Masyarakat diimbau agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

"Pemerintah Daerah senantiasa berkoordinasi dengan PGA Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/03/184937378/gunung-lewotobi-di-flores-timur-kembali-meletus-semburkan-asap-tebal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke