Salin Artikel

Nomor Ponsel Wakapolres PALI Diretas, Pelaku Kirim APK "Phising" Berkedok Undangan

Bahkan, pelaku pun mengirimkan pesan berupa APK phising ke beberapa kontak yang ada di nomor tersebut.

Wakapolres Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Kompol Farida Aprilia mengatakan, nomor yang diretas tersebut adalah 08136810XXXX.

Ia menyadari nomor tersebut telah berpindah tangan pada Kamis (28/12/2023) lalu. Pasalnya, ada beberapa kontak miliknya mendadak dikirim undangan yang ternyata adalah APK phising.

“Nomor itu sudah saya gunakan sejak 2003 lalu, setelah kejadian saya langsung melapor ke Grapari untuk di blokir,” kata Farida, Rabu (3/1/2024).

Sejauh ini belum ada orang yang mengaku dirugikan atas kejadian itu.

Namun, Farida mengimbau kepada para seluruh koleganya untuk tidak merespons nomor yang telah dibajak dalam bentuk apapun agar tidak menjadi korban.

“Pelaku mengirim aplikasi undangan itu diindikasikan bisa meretas pengguna yang membuka aplikasi tersebut. Kepada seluruh teman-teman, keluarga, kolega dan mitra kerja untuk tidak melayani atau membuka pesan dari nomor itu yang mengatasnamakan saya,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pada Jumat lalu nomor tersebut sempat kembali online. Namun ia tidak bisa melacak keberadaan pelaku.

“Sekali lagi kami himbau agar selalu berhati-hati dan waspada apabila menerima pesan aplikasi berupa undangan atau pesan lainnya yang mencurigakan. Lebih baik didiamkan dan jangan pernah dibuka,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/03/114444578/nomor-ponsel-wakapolres-pali-diretas-pelaku-kirim-apk-phising-berkedok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke