Salin Artikel

Saat Jokowi dan Mentan Berkali-kali Minta Petani di Jateng Tingkatkan Produktivitas

Untuk itu, keduanya meminta petani di Jateng dapat meningkatkan produktivitas agar posisinya naik kembali ke ranking dua.

Hal itu disampaikan keduanya dalam acara pembinaan petani se-Jateng di GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Selasa (2/1/2023).

Awalnya dalam sambutannya, Amran meminta ribuan petani yang hadir agar mengucapkan terima kasih kepada Presiden karena akan menambah alokasi anggaran subsidi pupuk pada 2024 ini.

Pasalnya, ketersediaan pupuk menjadi persoalan utama yang dihadapi petani di hampir seluruh wilayah Indonesia.

"Tepuk tangan untuk Presiden kita mencintai petani Indonesia," kata Amran disambut tepuk tangan tepuk tangan para petani.

"Kita harus beradab, harus berterimakasih kepada Bapak Presiden, gitu dong, orang beradab sudah dikasih, harus lagi," lanjut Amran.

Amran mengatakan, dalam waktu berdekatan telah dua kali mengunjungi wilayah Jateng, yaitu di Pekalongan dan Banyumas.

"Dan aku tahu produksi Jateng menurun, harus kembali ke nomor dua dan kita lanjutkan program-program sektor pertanian," kata Amran.

"Terakhir kami yang meminta, boleh meminta? ikhlas? kami meminta agar Jateng naik ke peringkat dua dan dilanjutkan. Siap? Naik ke peringkat dua dan seluruh program dilanjutkan," ujar Amran.

Dalam arahannya, Jokowi juga sempat menyingggung soal produktivitas pertanian di Jateng.

"Tadi Pak Mentan sudah menyampaikan belinya pupuk boleh pakai kartu tani, KTP juga boleh, karena produksi di Jateng sudah menurun. Target kita di Jateng kembali ke ranking kedua lagi," kata Jokowi.

Jokowi juga sempat meminta penegasan kepada petani untuk mencapai target tersebut.

"Setuju ndak? yang ndak setuju angkat tangan, maju. Setuju ndak? ranking kedua lagi, kembali ke awal agar produksi kita naik kembali," lanjut Jokowi.

Menurut Jokowi, urusan ketersediaan pupuk diserahkan kepada mentan dan Direktur Utama Pupuk Indonesia yang juga hadir dalam acara itu.

"Nanti saya cek. Kalau saya sudah ngomong begini, nanti saya pasti cek di lapangan. Saya tidak mau dapat laporan yang baik-baik saja, tapi praktiknya tidak baik-baik saja," ujar Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/02/202604578/saat-jokowi-dan-mentan-berkali-kali-minta-petani-di-jateng-tingkatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke