Salin Artikel

Tongkang Batu Bara Penabrak 2 Pelabuhan di Sungai Musi Disita Polisi

Kasat Polairud Polrestabes Palembang Kompol Suprawira mengatakan, selain menahan kapal mereka juga kini sedang memintai keterangan nahkoda serta ABK kapal yang ikut berlayar.

“Kita lakukan pengamanan itu untuk mengetahui kronologi sebenarnya,” kata Suprawira, Selasa (2/1/2024).

Suprawira menjelaskan, dari hasil pemeriksaan sementara kejadian itu bermula saat tugboat Karya Pacific menarik tongkang batu bara dari arah Musi IV menuju ke arah Musi VI.

Ketika berlayar di bawah jembatan Ampera tongkang tersebut menghantam dermaga Kampung Kapitan dan membuat tali penarik terputus.

Akibatnya, tongkang langsung menghantam dermaga Kampung Kapitan dan menabrak Pelabuhan 7 Ulu yang ada di sebelahnya.

“Pelabuhan 7 Ulu mengalami kerusakan berat karena ditabrak,” ujarnya.

Saat ini garis polisi sudah dipasang di lokasi kejadian. Polisi pun masih menunggu laporan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menjadi korban, sebab Jembatan 7 Ulu belum diserahkan ke Pemkot Palembang.

“Dermaga ini merupakan dermaga penumpang, kita belum menerima laporan dari kementerian Perhubungan. Karena hal ini wilayahnya masuk dalam kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya,dua pelabuhan yang berada di pinggiran Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan mengalami kerusakan parah setelah ditabrak tongkang pengangkut batu bara hilang kendali lantaran tali penarik di tugboat terputus.

Kejadian tongkang yang hanyut di Sungai Musi itupun sebelumnya sempat viral di media sosial setelah di upload oleh akun instagram@palembanginfo.


Dalam rekaman video tersebut, tongkang pembawa batu bara itu menghantam Pelabuhan 7 Ulu dengan keras. 

Kepala Bidang Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Dinas Perhubungan kota Palembang Niharmanzah ketika dikonfirmasi mengatakan, tongkang batu baru dengan ukuran 300 feet itu telah merusak pelabuhan Kampung Kapitan dan 7 Ulu.

Mulanya, sekitar pukul 07.30 WIB, kapal tongkang tersebut ditarik oleh tugboat Asia Pacific.

Namun, ketika melintas di depan pelabuhan Kampung Kapitan, tali penarik tugboat terputus sehingga membuat tongkang hilang kendali.

“Karena terbawa arus sungai, tongkang tersebut menabrak pelabuhan kampung kapitan, setelah itu baru pelabuhan 7 Ulu, jadi ada dua aset yang rusak,”kata Niharmanzah, Selasa (2/1/2023).

https://regional.kompas.com/read/2024/01/02/171728778/tongkang-batu-bara-penabrak-2-pelabuhan-di-sungai-musi-disita-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke