Salin Artikel

Warga Banda Aceh Diimbau Tak Rayakan Malam Tahun Baru

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh mengimbau masyarakat tidak merayakan malam pergantian tahun baru Masehi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin mengatakan, perayaan tahun baru Masehi tidak sejalan dengan adat istiadat dan syariat Islam yang berlaku di Aceh.

Selain itu, merayakan malam tahun baru dengan meniup terompet, membakar petasan dan kembang api, serta kegiatan hura-hura lainnya hanya akan mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

"Pada malam pergantian tahun baru masehi nanti, kami mengimbau masyarakat untuk tidak ikut-ikutan meniup terompet, membakar mercon, kembang api, dan hal sia-sia lainnya yang tak pernah dicontohkan oleh indatu. Kita juga harus menghormati warga kita umat Kristiani yang beribadah di gereja masing-masing," kata Amiruddin dalam keterangannya, Minggu (31/12/2023).

Amiruddin mengajak masyarakat Kota Banda Aceh untuk menyambut pergantian tahun dengan ber-muhasabah.

“Mari kita memperbanyak syukur sekaligus introspeksi diri, alih-alih melakukan aktivitas yang bertentangan dengan adat istiadat dan syariat Islam yang berlaku di daerah kita,” ujarnya.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, Amiruddin optimistis tidak akan terjadi euforia perayaan malam tahun baru di Banda Aceh.

“Sebenarnya sudah menjadi budaya di kota kita dan Aceh pada umumnya, dalam satu dekade terakhir bahwa masyarakat tidak lagi merayakan malam tahun baru  Masehi," ungkapnya.

Namun, Forkopimda Banda Aceh tetap melaksanakan patroli bersama pada malam tahun baru untuk memastikan situasi kondusif.

"Mari bersama kita jaga kota kita tercinta dari hal-hal yang tidak mencerminkan Bumi Serambi Mekkah,” ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/31/130035878/warga-banda-aceh-diimbau-tak-rayakan-malam-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke