Salin Artikel

1 Kota dan 3 Kabupaten di Aceh Terendam Banjir, Pemerintah Pusat Diminta Turun Tangan

Daerah yang terendam banjir dua hari terakhir yaitu Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Data yang diperoleh Kompas.com dari sejumlah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan, 12 kecamatan terendam banjir dengan total jumlah pengungsi sebanyak 1.504 jiwa di Kabupaten Aceh Utara.

Sedangkan di Kota Lhokseumawe tercatat ada 873 pengungsi, lalu di Kabupaten Aceh Timur 15 kecamatan terendam banjir dengan total pengungsi 635 jiwa.

Kemudian di Kabupaten Aceh Tamiang 12 kecamatan terendam banjir dengan total pengungsi sebanyak 2.483 jiwa.

Salah seorang warga korban banjir di Keude Lhoksukon, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Muhammad, menyebutkan persoalan banjir terus menerus terjadi sepanjang tahun.

“Butuh pemerintah pusat turun tangan, agar persoalan banjir ini tidak terjadi lagi. Kami selalu terendam banjir sepanjang tahun,” terang Muhammad.

Hal senada disebutkan, Siti Munawarah, warga yang melintas di jalan nasional Lhoksukon. Siti mengalami kerusakan sepeda motor miliknya yang terendam saat melintas di lintas nasional tersebut.

“Seperti daerah tak mampu mengatasi banjir ini. Setiap kali banjir selalu saja terendam jalan nasional ini. Motor saya rusak karena masuk air, harus dibongkar mesinnya. Saya harap pemerintah pusat bantu selesaikan masalah banjir,” katanya.


Minta pasokan logistik

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Kabupaten Aceh Utara, Fuad Mukhtar, sudah melaporkan kondisi banjir ke Dinas Sosial Provinsi Aceh dan Kementerian Sosial RI.

“Kami butuh dukungan logistik. Empat embung yang kita punya juga sudah kosong stok logistiknya. Semua sudah kita serahkan ke korban banjir,” kata Fuad.

Dia menyebutkan, bantuan masa panik penting untuk 20 titik lokasi pengungsi di Kabupaten Aceh Utara.

“Nanti malam ada rapat dengan pemerintah pusat soal penanganan banjir ini,” pungkas Fuad.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA, dihubungi terpisah menyebutkan tim Pemerintah Provinsi Aceh sudah berada di lokasi banjir.

“Saat ini Tim dari provinsi sudah di lapangan untuk menyalurkan bantuan masa panik. Berbagai koordinasi dengan pemerintah daerah terus kita lakukan untuk tindak lanjut penanganan banjir ini,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, banjir merendam Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, dan Kabupaten Aceh Tamiang. Ribuan orang mengungsi di empat wilayah itu.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/26/165716678/1-kota-dan-3-kabupaten-di-aceh-terendam-banjir-pemerintah-pusat-diminta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke