Salin Artikel

Aceh Tamiang Juga Terendam Banjir, 2.483 Warga Mengungsi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sebanyak 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, terendam banjir pada Selasa (26/12/2023).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, Iman Suhery menyebutkan, kecamatan yang terendam banjir yaitu Kecamatan Tamiang Hulu, Bandar Pusaka, Tenggulun, Sekerak, Kejuruan Muda, Kota Kuala Simpang, Rantau, Seruwe, Bendahara, Banda Mulia, Mayak Payed dan Kecamatan Karang Baru.

“Sekarang terdapat 2.483 jiwa pengungsi korban banjir. Total warga terdampak banjir dari 12 kecamatan itu sebanyak 4.611 jiwa,” kata Iman.

Dia menjelaskan, untuk banjir di wilayah hulu Kabupaten Aceh Tamiang sebagian sudah mulai surut. Sedangkan untuk wilayah tengah dan hilir masih terendam banjir.

“Lokasi terparah itu ada di wilayah hilir Aceh Tamiang. Karena berdekatan langsung dengan daerah aliran sungai,” kata Iman.

Dia menyebutkan, sebagian warga mengungsi ke daerah lebih tinggi atau rumah warga yang tidak terendam banjir. Sisi lain, dia mengimbau kepala desa dan camat terus meningkatkan koordinasi ke pos terpadu BPBD Aceh Tamiang.

Sehingga, seluruh korban banjir bisa ditangani segera untuk mendapatkan bantuan masa darurat.

“Kami siaga di lokasi banjir, agar bisa segera bertindak sesuai perkembangan debit air,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, banjir juga merendam Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, dan Kabuapten Aceh Timur. Ribuan orang mengungsi hingga sore ini.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/26/165016878/aceh-tamiang-juga-terendam-banjir-2483-warga-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke