Salin Artikel

Oknum TKI Bawa Televisi Berisi 3,3 Kg Sabu-sabu, Ditangkap di Pulau Sebatik

AR ditangkap atas kepemilikan 3,3 kilogram sabu-sabu, Senin (25/12/2023) petang.

Danlanal Nunukan, Letkol Laut (P) Handoyo mengungkapkan, sabu-sabu tersebut disimpan dalam televisi 43 inci.

"Kita lakukan pemeriksaan seluruh perahu yang masuk dari Malaysia, di sejumlah pelabuhan lintas batas dan dermaga tradisional. Sampai akhirnya, kita mendapatkan sebuah televisi berisi sabu-sabu 3,3 kilogram, di salah satu dermaga tradisional, di pesisir utara Pulau Sebatik," ujar Handoyo, Selasa (26/12/2023).

Tim yang terdiri dari Satgas Marinir Ambalat XXIX, Kopaska Karang Baruna 2023, dan prajurit organik LANAL Nunukan, akhirnya mengamankan seorang laki laki yang diduga sebagai kurir narkoba, bernama AR.

AR, merupakan seorang TKI asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, dan sudah lama menjadi TKI di perkebunan kelapa sawit Malaysia.

"Kita sudah lakukan pengecekan menggunakan narkotest trunach. Hasilnya, tiga paket besar dan lima paket kecil berisi kristal bening tersebut mengandung methamphethamine, yang berarti narkoba," kata dia.

Handoyo menegaskan, TNI AL dan unsur APH di perbatasan RI - Malaysia, terus bersinergi menangani kasus-kasus di tapal batas negara.

Pengamanan jelang tahun baru dilakukan oleh semua elemen, terlebih mengenai barang-barang terlarang dan ilegal.

"Pengakuan AR sebagian narkoba akan diedarkan di Nunukan dan sebagian akan dibawa pulang kampungnya menggunakan kapal reguler tujuan Sulawesi Selatan. Siapa pemesannya disana, dia juga tidak tahu, karena hanya suruhan," katanya.

Pengakuan AR

AR yang merupakan seorang kurir, mengaku disuruh seorang bandar narkoba di Tawau untuk membawa sabu-sabu dalam televisi.

Ia dijanjikan upah RM 10.000 atau sekitar Rp 35 juta jika narkoba sampai di Sulawesi Selatan.

"Saya baru dibayar 150 ringgit saja," akunya.

Menurut pengakuannya, dia  baru pertama kali melakukan aksi tersebut. AR beralasan membutuhkan banyak uang, untuk diberikan pada orangtuanya.

"Untuk orangtua di kampung. Saya lama kerja di kebun, tapi bawa pulang uang sikit je," akunya.

AR, kemudian diserahkan ke BNNK Nunukan untuk proses lebih lanjut.

Pejabat fungsional BNNK Nunukan, M Irawan, menegaskan, akan menindaklanjuti kasus tersebut sebagaimana seharusnya.

Ia mengatakan,kerja sama pemberantasan narkoba antar APH di perbatasan RI - Malaysia, cukup masif, dan menjadi bukti sinergytas antar lembaga.

"Semua berkomitmen penuh untuk menyelamatkan generasi bangsa. Mari rapatkan barisan, menjaga Indonesia bersih narkoba," kata dia.

Terpisah, Kasi Pengawasan dan Penindakan (P2) KPPBC Nunukan, Kodratullah, mengatakan, narkoba merupakan barang larangan dan terbatas, yang hanya boleh diakses instansi tertentu dengan izin khusus pula.

"Jadi 1 gram sabu-sabu, bisa digunakan 4 sampai 5 orang pengguna aktif. Jika narkoba yang ditangkap berjumlah 3,3 Kg, potensi kerugian negara yang diselamatkan berkisar Rp 34 miliar," kata dia.

Untuk menghentikan seorang pecandu dari ketergantungan narkotika, lanjutnya, butuh biaya setidaknya Rp 70 juta sampai sembuh.

"Kita bukan bicara rehabilitasi tidak penting, tapi mencegah tentu jauh lebih penting, dan uang untuk biaya rehab, bisa dipakai negara untuk kebutuhan lainnya," jelas Kodratullah.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/26/153220678/oknum-tki-bawa-televisi-berisi-33-kg-sabu-sabu-ditangkap-di-pulau-sebatik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke