Salin Artikel

Jalur Riau-Sumbar Tertutup Longsor dan Banjir, Warga Diimbau Tunda Perjalanan

PEKANBARU, KOMPAS.com - Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Riau-Sumbar di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), terputus akibat tertutup longsor dan banjir pada Selasa (26/12/2023) pagi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengimbau kepada masyarakat di Bumi Lancang Kuning agar menunda keberangkatannya menuju Sumbar.

"Mengingat bencana alam banjir dan longsor di jalan lintas di Pangkalan Koto Baru, diimbau kepada masyarakat yang mau ke Sumatera Barat agar menunda perjalanan untuk sementara," kata Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Riau, Rozita melalui pesan WhatsApp, Selasa.

"Namun jika memang ada yang urgen, agar mengambil jalur alternatif melalui Kiliran Jao ke Sumatera Barat," tambah Rozita.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga diminta tetap berhati-hati dan mempersiapkan kendaraan dengan memeriksa kondisi kendaraan ketika bepergian jauh.

"Untuk antisipasi bencana hidrometeorologi saat Natal dan tahun baru, diharapkan kepada masyarakat agar mempelajari dan memahami jalur evakuasi terdekat apabila terdapat potensi bencana," kata Rozita.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Kampar agar mewaspadai banjir. Sebab, pembukaan pintu waduk PLTA Koto Panjang menyebabkan debit air meningkat, ditambah debit air di waduk terus bertambah.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/26/133020778/jalur-riau-sumbar-tertutup-longsor-dan-banjir-warga-diimbau-tunda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke