Salin Artikel

Warga Baduy Tempuh 40 Km demi Bisa Nonton Debat Cawapres

Yang menarik dalam debat tersebut terdapat sekelompok warga Suku Baduy yang ikut menonton dan berbaur bersama warga lainnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, nobar debat tersebut digelar di sisi selatan Alun-alun Rangkasbitung. Layar LED raksasa disiapkan untuk menayangkan program tersebut.

Sementara warga yang menonton disediakan karpet untuk duduk di depan layar. Namun tidak banyak warga yang menempati karpet tersebut, hanya belasan orang, termasuk warga Baduy.

Salah satu warga Baduy yang nonton debat tersebut adalah Jamal. Dia tampak serius menyimak tayangan debat dari pertama dimulai.

Jamal mengatakan, sudah datang ke lokasi nobar sejak pukul 18.00 WIB. Padahal debat baru dimulai satu jam kemudian.

“Sengaja datang ke sini untuk nonton debat, karena saat debat capres tidak nonton, hanya dengar ceritanya saja,” kata Jamal dalam bahasa Sunda kepada Kompas.com, Jumat.

Jamal mengtakan, dia datang nonton debat bersama tujuh warga Baduy lainnya. Mereka menempuh jarak 40 kilometer dari Desa Kanekes di Kecamatan Leuwidamar ke Rangkasbitung dengan angkutan umum.

Menurut Jamal, sebagai Baduy luar mereka diperbolehkan untuk naik kendaraan jika hendak ke kota.

Jamal mengatakan, di perkampungan Suku Baduy tidak diperbolehkan ada alat elektronik sehingga listrik dan televisi tidak tersedia.

“Makanya saat ada info nobar kami antusias untuk nonton, dibela-belain ke sini,” kata dia.

Warga Baduy lain, yang ikut nonton adalah Ratna, tetangga Jamal. Ratna mengaku ingin tahu dengan kandidat calon pemimpin Indonesia mendatang dengan menonton debat.

“Enggak tahu sama sekali, mudah-mudahan bisa tahu setelah nonton debat ini,” kata dia.

Jamal dan Ratna berharap, siapapun yang jadi presiden bisa menjaga kerukunan dan persatuan di Indonesia. Keduanya juga berharap, pemerintah mendatang bisa terus peduli terhadap Suku Baduy.

“Semoga presiden mendatang bisa ikut mendukung kami menjaga tanah ulayat Baduy,” kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/22/212705478/warga-baduy-tempuh-40-km-demi-bisa-nonton-debat-cawapres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke