Salin Artikel

10.000 Kendaraan Diprediksi Melintas Ruas Tol Kartasura-Karanganom yang Dibuka Fungsional Nataru

Diketahui, jalan tol ruas Kartasura-Karanganom dibuka untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru mulai hari ini, Jumat (22/12/2023).

"Untuk prediksi kita kendaraan yang melintas kemungkinan antara 7.000-10.000 kendaraan per hari. Perkiraan kita masih asumsi seperti Lebaran ya," kata Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Suchandra P Hutabarat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat.

Menurut dia, kondisi jalur fungsional ini semuanya sudah full rigid. Berbeda pada saat dibuka fungsional Lebaran lalu.

Selain itu di jalur fungsional juga telah dipasangi rambu-rambu agar para pengendara yang melintas tetap nyaman dan selalu berhati-hati.

"Kondisinya sekarang berbeda. Jalan tol kita jauh lebih siap ya. Perkerasannya sudah rigid. Sudah terpasang median country barrier, dan lebih panjang dari fungsional lebaran kemarin 13 kilometer," kata dia.

Dia menambahkan dimungkinkan tidak ada sistem buka tutup kendaraan yang masuk jalur fungsional karena kondisi jalannya sudah lebar.

"Mudah-mudahan tidak. Karena sudah kita atur di exit dan di entrance-nya supaya lebih lancar. Jadi kita sudah pasang apill juga di Banyudono sama yang langsung dari Colomadu tanpa ada berhenti tinggal kita pengaturan di Karanganom. Di Karanganom juga kita pasang APILL juga mudah-mudahan lalinnya tidak ada antrean," ujar dia.

Adapun jalur fungsional Kartasura-Karanganom hanya dioperasikan satu arah, baik itu pada periode arus mudik maupun arus balik.

Untuk periode arus mudik dibuka mulai hari ini 22 Desember hingga 31 Desember 2023. Kemudian periode arus balik dimulai pada 1 Januari hingga 3 Januari 2024.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/22/104612478/10000-kendaraan-diprediksi-melintas-ruas-tol-kartasura-karanganom-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke