Salin Artikel

"Car Free Night" Malam Pergantian Tahun Kembali Digelar di Solo, Ada 11 Panggung Hiburan

Acara tahunan dengan menutup sepanjang Jalan Slamet Riyadi dari Kawasan Purwosari hingga Kawasan Jalan Jenderal Sudirman digelar pada 31 Desember 2023 malam.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Disbudpar Solo Gembong Hadi Wibowo mengatakan CFN akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan masyarakat di 11 panggung.

Menurut dia, 11 panggung hiburan tersebar mulai dari Kawasan Purwosari hingga depan Balai Kota atau Kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

"Nanti jalan ditutup untuk kendaraan bermotoe mulai 21.00 WIB sampai 01.00 WIB. Untuk hiburannya nanti ada 11 titik," kata Gembong dihubungi Kompas.com, Senin (18/12/2023).

Dari 11 titik venue hiburan tersebut tujuh venue berupa panggung dan empat di antaranya street art.

Lokasi panggung hiburan itu antara lain di kawasan rel bengkong Purwosari (street art), depan Polresta Solo (street art), depan Kantor Dinas Sosial (street art), Loji Gandrung (panggung), Plaza Sriwedari (panggung).

Kemudian depan Batik Danar Hadi (panggung), simpang tiga Bank CIMB Niaga (panggung), depan Bank Jateng (panggung), Kawasan Gladag (street art) dan depan Balai Kota Solo (panggung).

Sementara di Kawasan Ngarsopuro Jalan Diponegoro dan Gatot Subroto tidak ada panggung hiburan karena digunakan untuk night market dan street art.

"Kawasan Ngarsopuro nanti rencananya ada night market serta street art market di Jalan Diponegoro dan Koridor Gatot Subroto. Jadi tidak ada panggung hiburan," ungkap dia.


Di panggung utama Balai Kota, jelas Gembong akan digelar Sendratari Ramayana.

Diketahui, Sendratari Ramayana menjadi merupakan salah satu agenda Pemkot sebagai upaya mempromosikan wisata Solo pada turis, sekaligus untuk mendongkrak eksistensi Taman Balekambang.

"Nanti ada Sendratari Ramayana di Balai Kota. Rencananya dipuncak malam pergantian tahunnya akan ditandai penyalaan kembang api," terang dia.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Taufik Muhammad mengatakan CFN yang dihelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi konsepnya sama seperti car free day (CFD). Hanya saja CFN ini dilaksanakan pada malam hari.

Taufik menambahkan untuk mendukung event tahunan ini Dishub telah menyediakan lokasi parkir pengunjung. Kawasan parkir disiapkan tersebar di beberapa lokasi di antanya Benteng Vastenburgh, dan Kawasan Sriwedari.

"Konsepnya (CFN) sama kaya car free day setiap Minggu pagi. Jadi nanti ada hiburan sebelah utara. Untuk event-event, monggo dari masyarakat dan dari Pemkot juga menyediakan hiburan. Kalau parkir di Sriwedari, simpang-simpang (jalan) dan Benteng Vastenburgh seperti itu," ungkap Taufik.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/18/103443278/car-free-night-malam-pergantian-tahun-kembali-digelar-di-solo-ada-11

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke