Salin Artikel

Pembangunan Bandara di Sumbawa Barat Ditargetkan Selesai November 2024

Proses pembangunan bandara sudah dalam tahap pembangunan pondasi landasan pacu dan pemasangan lampu-lampu.

Saat ini, konstruksi di lapangan masih terus berlangsung.

“Kami targetnya proses pembangunan selesai pada November 2024 dengan luas area 100 hektar, dan panjang landasan pacu 2,1 kilometer,” kata Bupati Sumbawa Barat, Musyafirin saat ditemui Minggu (17/12/2023).

Menurutnya, kehadiran bandara diharapkan menjadi jawaban atas sulitnya konektivitas transportasi dan menjadi pengungkit berkembangnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sektor Pariwisata digadang-gadang menjadi calon potensial pengganti sektor pertambangan.

"Tempat-tempat wisata sepanjang pantai Tua Nanga, Kertasari, Jelenga, hingga sekongkang serta kawasan Gili balu dan Pulau Kalong segera terbangun menjadi destinasi wisata unggulan," kata Musyafirin

Salah satu kendala pengembangan sektor pariwisata selama ini sambungnya adalah rentang kendali yang cukup jauh dan akses transportasi.

Minimnya fasilitas pendukung menjadikan upaya pengembangan sektor potensial pengganti tambang ini terkendala.

"Lewat darat itu terlalu lama dan juga menyulitkan wisatawan datang ke Sumbawa Barat. Adanya bandara ini bisa mempermudah akses wisatawan ke sini," ujar Musyafirin.


Pemerintah secara perlahan mulai merubah pola pengembangan sektor pariwisata.

Jika sebelumnya lebih banyak fokus pada promosi, kali ini pemerintah lebih mengutamakan perbaikan infrastruktur, baik itu penataan objek wisata hingga akses berupa jalur tranportasi ditingkatkan.

"Promosi sudah kita lakukan kemana-mana tapi tak juga banyak membantu pengembangan sektor wisata kita. Kita evaluasi, ternyata kendala utamanya soal akses," urainya.

Bandara khusus itu saat ini sedang dibangun PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT). Beroperasinya bandara ini akan memperpendek rentang kendali menuju Sumbawa Barat.

"Bandara itu menjadi solusi terbaik. Aksesnya akan lebih mudah, dan orang-orang akan nyaman mengunjungi Sumbawa Barat," tandasnya.

Kabupaten Sumbawa Barat termasuk salah satu kabupaten dengan potensi pariwisata cukup besar. Berada dekat dengan Pulau Bali, Lombok, dan Nusa Tenggara Timur.

Wisatawan bisa menjadikan Sumbawa Barat sebagai alternatif sebelum mengunjungi daerah lain.

"Percuma promosi tanpa memperpendek jarak tempuh. Kalau akses udara ini sudah ada, daerah kita akan ramai," urainya.

Kehadiran bandara itu diyakini akan membawa dampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Sumbawa Barat, khususnya pengembangan sektor pariwisata sehingga investor akan tertarik melihat peluang itu.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/18/090224378/pembangunan-bandara-di-sumbawa-barat-ditargetkan-selesai-november-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke