Salin Artikel

Sidak Kantor Dinkes Sanggau, Tim Kemenkes Malah Temukan Banyak Jentik di Bak Air

PONTIANAK, KOMPAS.com - Tim Kementerian Kesehatan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah kantor dan fasilitas umum terkait penyebaran penyakit demam berdarah dengue.

Penjabat Gubernur Kalbar Harisson mengaku berang dengan informasi tersebut.

“Ini benar-benar tidak bisa diampuni. Di dinas sendiri tidak perhatian dengan perkembangan nyamuk demam berdarah,” kata Harisson kepada wartawan, Jumat (15/12/2023).

Menurut Harisson, sebagian jentik hasil temuan Tim Kemenkes tersebut telah dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Sama sekali tidak perhatian, ini dibuktikan di kamar mandi dinas kesehatan ada nyamuk bersarang dan berkembang biak,” ungkap Harisson.

Sebelumnya, kasus demam berdarah di Kalimantan Barat (Kalbar) meningkat. Hingga Oktober 2023, terdapat 4.304 kasus dengan 48 orang di antaranya meninggal dunia. 



Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Erna Yulianti mengatakan, bertambahnya kasus demam berdarah karena musim hujan yang mulai melanda. 


“Dengan musim hujan, secara tak langsung membuat populasi nyamuk penyebab utama demam berdarah meningkat,” kata Erna dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10/2023). 


Erna menerangkan, tingginya angka kematian akibat demam berdarah juga dilatarbelakangi penderita datang ke rumah sakit sudab dalam keadaan parah.

“Masih ada masyarakat melakukan pengobatan alternatif. Padahal, Dinkes telah melakukan promosi kesehatan agar masyarakat mengenal gejala demam berdarah,” ucap Erna. 



https://regional.kompas.com/read/2023/12/15/155503078/sidak-kantor-dinkes-sanggau-tim-kemenkes-malah-temukan-banyak-jentik-di-bak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke