Salin Artikel

Pedagang di Jambi Keluhkan Harga dan Jebakan Pinjol ke Anies Baswedan

JAMBI, KOMPAS.com - Anies Baswedan menerima keluhan harga bahan pokok dan pinjaman online saat berkunjung ke Pasar Angso Duo Jambi, Kamis (14/12/2023).

Anies mengatakan, kebutuhan pokok jadi salah satu prioritas pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut satu tersebut. Karena itu dia berjanji membuat tim khusus untuk mengatasinya.

Menurutnya, bila permintaan meningkat sedangkan produksi menurun, akan mengakibatkan harga melonjak. Dengan demikian, salah satu upaya untuk menurunkan atau menstabilkan harga bahan pokok ialah dengan cara meningkatkan produksi.

Ia mengungkapkan, para pedagang memerlukan bantuan modal. Karena kesulitan, sebagian pedagang terjebak pinjaman.

"Contohnya ada yang meminjam ke rentenir. Bahasa yang tadi kami dengar, kami pinjam 4 dibalikin jadi 7 itu," kata Anies.

Supaya pedagang bisa dengan mudah mendapatkan modal, diperlukan koperasi.

"Saya sampaikan pihak pasar juga segera bentuk koperasi. Di sini ada pedagang berjumlah 2.000 orang," beber dia.

Bila terdapat koperasi, perbankan dan pemerintah dapat menyalurkan bantuan skala besar dan bisa dikelola. Ini lebih baik dibanding menyalurkan bantuan kepada per individu.

Ketika ada bantuan, sudah ada kelompok pedagangnya yaitu koperasi.

"Tapi kalau per individu yang menerima, tentu kesulitan. Skala bisnisnya kecil. Kalau bersatu dalam koperasi insya Allah pendanaan lebih mudah," ucap dia.

Bila sudah koperasi, para pedagang tidak perlu lagi terjebak pinjaman online.

"Tempat-tempat yang ada koperasi, di situ masyarakatnya tidak terjebak pinjaman online. Kalau tidak ada, banyak yang terjebak pinjaman online," katanya.

Selain itu, kemacetan jalan nasional imbas truk baru bara menjadi faktor kenaikan harga bahan pokok di Jambi. Ini baru diketahui Anies saat berkunjung di sana.

Anies pun bertanya solusi apa yang bisa diwujudkan untuk mengatasi permasalahan angkutan batu bara.

Kata seorang warga kepada Anies; bisa dibuatkan jalur khusus untuk truk batu atau lalu lintas truk baru bara harus dihentikan.

"Ini akan kami pertimbangkan," kata Anies.

Bantuan Pendidikan

Tidak hanya mengenai harga bahan pokok, warga juga meminta bantuan PKH dan bantuan pendidikan.

"Yang kaya, yang punya mobil dapat PKH. Macam mana tindak lanjutnya, Pak? Bisa dibantu," kata Hernita (35).

Ia berharap Anies dapat mewujudkan itu bila menjadi presiden.

"Yakin insya Allah. Harga diturunkan. KIP dilanjutkan," katanya

Pantauannya ini merupakan hasil dari kunjungannya sebagai calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan ke Pasar Angso Duo Baru Jambi, Kota Jambi, Kamis (14/12/2023).

Tidak hanya itu, Anies juga sempat membeli kacang panjang, ikan asin, dan sebagainya.

Anies menjelaskan, para pedagang mengeluhkan harga kebutuhan pokok melonjak. Sedangkan jumlah pembeli dan omzet mengalami penurunan.

"Menjelang akhir tahun harga bahan pokok bisa lebih tinggi dari sebelumnya. Volume penjualannya menjadi menurun. Yang awalnya satu kilogram menjadi setengah. Omzetnya menurun. Inilah masalah yang akan kami selesaikan," katanya, Kamis (14/12/2023).

.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/14/201310178/pedagang-di-jambi-keluhkan-harga-dan-jebakan-pinjol-ke-anies-baswedan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke